Iklan HUT Morowali PT Vale

AJI Kota Palu Rekrut 23 Anggota Baru

AJI Kota Palu
Puluhan jurnalis yang mengikuti seleksi rekrutmen Anggota AJI Palu tengah menyimak materi yang disampaikan oleh Ketua AJI Kota Palu Yardin Hasan. / Ist

ReferensiA.id- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palu telah merampungkan perekrutan anggota baru yang berlangsung dua hari, 15 – 16 Mei 2022. Rekrutmen yang berlangsung di Kota Palu, Sulawesi Tengah selama dua hari itu, berhasil menyaring 23 jurnalis menjadi anggota baru AJI Kota Palu.

Divisi Organisasi AJI Palu Abdul Rifai dalam laporannya menyebutkan pendaftaran calon anggota AJI dimulai sejak 03 hingga 15 Maret 2022.

Baca Juga:  AJI Palu: 2021 Tahun Kelam Bagi Jurnalis di Sulteng

“Pada tahap pendaftaran sebanyak 44 wartawan berasal dari Palu, Sigi, Parigi Moutong, Poso serta Banggai dan Bangkep ikut mendaftar,” ujar Rifai, Senin 16 Mei 2022.

Para pendaftar adalah wartawan tulis, fotografer, layouter dari media cetak, media online dan radio, termasuk pers mahasiswa dan citizen jurnalisme.

Sebelumnya, pada tahap pemantauan selama 1,5 bulan, panitia seleksi mewajibkan peserta mengisi enam surat pernyataan (surat pernyataan tidak rangkap organisasi, tidak menjadi pengurus atau anggota parpol, tidak menjadi karyawan BUMN/BUMD, tidak menjadi komisioner, tidak menjadi komisaris dan surat pernyataan bukan sebagai ASN, TNI/Polri), ditambah bukti id card.

Baca Juga:  Korupsi SDA, Novel Baswedan: Dampaknya Lebih Besar

Di tahap ini, dua peserta menyatakan mundur. Sementara dua peserta lainnya tidak menyetorkan persyaratan yang diminta sehingga tersisa 33 nama yang berhak mengikuti tahap ujian tertulis dan wawancara.

Pada tahap seleksi tertulis dan wawancara, ditambah satu hari pembekalan untuk peserta seleksi, yang dinyatakan lulus.

Sementara pada tahap seleksi panitia memutuskan dua orang yang dinyatakan gugur atau tidak lulus seleksi.