Iklan pemilu DPRD Sulteng

Bantuan Rp1 Juta untuk Masyarakat Sulteng Bakal Cair Lagi Jelang Hari Raya

Bantuan Rp1 juta untuk masyarakat Sulteng
Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah Sitti Hasbia N Zaenong sedang menggelar Rapat Evaluasi Rencana Kerja Pemerintah Daerah bersama jajarannya. / Ist

ReferensiA.id- Masyarakat Sulawesi Tengah (Sulteng) bakal kembali menerima bantuan sebesar Rp1 juta rupiah per kepala keluarga (KK) dari program Gubernur.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sulawesi Tengah Sitti Hasbia N Zaenong. Bantuan Rp1 juta untuk masyarakat Sulteng itu akan mulai disalurkan jelang hari raya Idul Fitri atau saat Ramadan.

“Satu minggu sebelum Lebaran Insha Allah. sementara validasi data dan merampungkan perjanjian kerjasama dengan bank penyalur,” jelas Kadis Sosial Sulteng kepada ReferensiA.id, Rabu 8 Maret 2023.

Adapun penerima bantuan tersebut merupakan masyarakat miskin. Mereka yang telah menerima bantuan yang sama pada tahun 2022 lalu.

Namun begitu, calon penerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah ini bakal kembali diverifikasi dan validasi oleh kelurahan masing-masing.

“(Penerima) masih sama, tapi tetap diverfikasi dan validasi dari kelurahan.
SK penerima dari bupati/walikota,” kata Sitti Hasbia N Zaenong.

Seperti diketahui, bantuan Rp1 juta per Kepala Keluarga (KK) atau per rumah tangga tersebut merupakan program janji politik Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura-Ma’mun Amir saat kampanye Pilkada.

Program itu kemudian telah diimplementasikan sejak tahun lalu. Di mana pada tahap awal, pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) menyiapkan anggaran sebesar Rp10 miliar untuk diberikan kepada masyarakat yang berhak.

Di tahap kedua, pemerintah kembali menyalurkan bantuan dengan total anggaran yang lebih banyak, yakni sebesar Rp19 miliar.

Adapun target penerima pada tahun 2022 lalu sebanyak 29,24 ribu rumah tangga miskin.

Menurut Kadis Sosial Sulteng, bantuan yang akan disalurkan kali ini sekaligus sebagai upaya untuk menekan inflasi.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *