Iklan HUT Morowali PT Vale

Desa Wisata Tete B Terus Bersolek, Bersihkan Pantai dari Sampah Plastik

Desa Wisata Tete B
Objek wisata di Desa Tete B dengan pasir putih. / Wahono

ReferensiA.id- Desa wisata Tete B terus bersolek untuk menggoda wisatawan datang berkunjung. Kali ini, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Tete B dibantu mahasiswa Universitas Alkairaat (Unisa) Palu membersihkan pantai dari sampah plasik di Pulau Bukabuka, Rabu 16 Maret 2022.

Desa ini adalah salah satu Desa Wisata di Kecamatan Ampana Tete, Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah. Memiliki objek wisata pantai berpasir putih yang indah dan ramai dikunjungi wisatawan.

Baca Juga:  Petugas Operasi Keselamatan Tinombala Sasar Pengunjung Wisata

Pokdarwis dalam kegiatannya dibantu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu yang tergabung dalam Posko 17. KKN Unisa Palu kali ini memang tematik pariwisata dengan salah satu agenda pentingnya adalah membantu pengembangan Desa Wisata berbasis lingkungan.

Ketua Pokdarwis Desa Tete B, Fiki mengatakan, aksi bersih-bersih ini bertujuan mengedukasi masyarakat dan pemilik usaha agar bisa menjaga lingkungan dari sampah plastik.

Baca Juga:  Akhir Pekan, Saatnya Menepi di La Toratima Sigi

Oleh karena itu, aksi kali ini sengaja melibatkan masyarakat setempat, wisatawan asing serta pemilik usaha wisata ikut membersihkan objek wisata di Pulau Bukabuka.

Menurutnya, perlu dibangun kerja sama yang baik agar wisatawan semakin nyaman saat berkunjung ke desa ini. Salah satunya yang perlu dijaga adalah kebersihan objek wisata. Apalagi sudah ada pelaku usaha wisata yang berinvestasi di desa ini, seperti di Dusun 03 Pulau Bukabuka.

Baca Juga:  100 Mahasiswa Unisa KKN Tematik Pariwsata di Donggala, Parimo, Touna dan Palu

“Kami juga meminta kepada Reconnect untuk bisa bekerja sama dalam persoalan sampah,” ujarnya.

Sehingga dalam kegiatan pembersihan Pulau ini dirinya menggandeng juga pihak investor, dan memberikan penawaran seperti pengelolaan sampah yakni ecobrick atau celengan sampah.