Iklan HUT Morowali PT Vale

Gubernur Ingin Sulteng Mekar Jadi 4 Provinsi

Gubernur ingin Sulteng mekar
ReferensiA.id

ReferensiA.id- Gubernur Sulawesi Tengah, H Rusdy Mastura inginkan ke depan provinsi ini mekar menjadi tiga atau bahkan empat provinsi.

Gubernur ingin Sulteng Mekar bukan hanya Banggai dan beberapa kabupaten tetangganya yang diharapkan jadi provinsi. Tapi juga Poso bisa menjadi satu provinsi tersendiri.

Gagasan itu dikemukakan Rusdy Mastura saat berbicara pada acara podcast di Palu, Rabu 18 Mei 2022.

Baca Juga:  Pemprov Sulteng dan BPS Bersinergi Bangun Daerah

Diketahui, pembentukan daerah otonom baru (DOB) merupakan salah satu poin misi Rusdy Mastura-Ma’mun Amir saat kampanye pada Pemilihan Gubernur 2021 silam.

Menurutnya, saat ini yang perlu didorong bukan pembentukan provinsi, tetapi pembentukan daerah otonomi baru (DOB) setingkat kabupaten.

“Saya mau bagaimana kabupaten-kabupaten ini kita mekarkan. Supaya nanti kita siap lima tahun ke depan baru bisa dimekarkan tiga provinsi. Bila perlu 4 provinsi,” kata Rusdy Mastura.

Baca Juga:  DATA: PAD Sulteng Terus Meningkat, IKF Sulteng Menuju Kemandirian

Dia mengungkapkan, pembentukan empat provinsi didorong agar tidak ada kecewa. “Semua punya hak karena Sulawesi Tengah ini lahir dari empat kabupaten, termasuk juga Buol Tolitoli,” ujarnya.

Diketahui, Sulawesi Tengah adalah provinsi terluas di Pulau Sulawesi. Awal berdirinya tahun 1964 terdiri atas empat kabupaten yakni Donggala, Poso, Banggai dan Buol Tolitoli.

Baca Juga:  Temui Gubernur, PT Pegadaian Harap Warga Sulteng Manfaatkan KUR Tanpa Agunan

Jika Papua bisa mekar, mengapa Sulteng tidak bisa, katanya. Dia melanjutkan, “Saya mau (Sulteng) dibagi empat atau bagi tigalah,”.

Donggala misalnya bisa tambah kabupaten yakni Donggala Utara, Donggala Tengah, dan Banawa.

Begitu juga Poso tambah dua kabupaten. Parigi tambah dua atau tiga kabupaten dan Banggai juga tambah dua kabupaten. Adapun Luwuk dan Poso didorong menjadi kota.