Iklan HUT Morowali PT Vale

Kelompok Tani Binaan PT Vale di Desa Kolono Panen Raya Padi SRI Organik

Kelompok tani binaan PT vale
Panen padi SRI Organik kelompok tani binaan PT Vale di Morowali, Sulawesi Tengah. / Ist

ReferensiA.id- Kelompok tani binaan PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) panen raya padi SRI Organik di Desa Kolono, Kecamatan Bungku Timur Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Kamis 14 Juli 2022.

Bukan panen padi biasa. Tapi, padi yang ditanam dengan metode System of Rice Intensification (SRI) Organik.

Ini adalah Program Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB) yang dijalankan oleh PT Vale.

Baca Juga:  Akselerasi Dekarbonisasi, PT Vale Komitmen Gunakan LNG untuk Smelter di Sulteng

Penanaman padi melalui metode SRI Organik merupakan bagian dari program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di sektor pertanian yang menjadi salah satu andalan PT Vale.

Senior Manager HSER IGP Blok Bahodopi PT Vale, Ridwan Banda menuturkan, panen ini adalah salah satu hasil dari penerapan program musim pertama yang dilakukan di area persawahan seluas 1,1 ha milik 12 orang petani.

Baca Juga:  Produsen Mobil Ford Bakal Gabung Proyek Pengolahan Nikel PT Vale di Blok Pomalaa

Adapun musim kedua direncanakan akan diterapkan di area persawahan seluas 5,2 ha milik 32 petani. Terdapat tambahan petani yang tertarik ikut dalam program ini.

Ridwan Banda menjelaskan, program ini dilaksanakan guna mendorong pertanian yang ramah lingkungan melalui sistem pertanian sehat ramah lingkungan berkelanjutan peningkatan.

Hal tersebut dalam rangka mewujudkan penguatan ketahanan pangan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Baca Juga:  Ikatan Keluarga Vale Indonesia Kolaborasi PTVI dan KKVI Salurkan Ratusan Paket Sembako

“Sehat adalah investasi terbesar. Sehat merupakan hal yang selalu diharapkan semua orang, maka salah satu cara yang kita lakukan adalah dengan melalui SRI padi organik ini,” tuturnya.

Sebelumnya, PT Vale memberikan pendampingan dan pelatihan PSRLB selama 3 bulan yang melibatkan para kelompok tani di empat desa binaan, yaitu Desa Bahomotefe, Desa Bahomoahi, Desa Ululere, dan Desa Kolono.