Iklan HUT Morowali PT Vale

Minta Optimalkan Produksi Nikel, Menteri ESDM Apresiasi Praktik Penambangan yang Baik PT Vale

PT vale
Menteri ESDM Arifin Tasrif menanam pohon dengan di kawasan PT Vale, Blok Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan. / Ist

ReferensiA.id- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengapresiasi praktik penambangan yang baik (good mining practice) telah diterapkan oleh perusahaan pertambangan PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Apresiasi itu disampaikan oleh Menteri ESDM saat melakukan kunjungan ke kawasan tambang milik perseroan dengan kode emiten INCO itu pada 12-13 Agustus 2022 lalu.

Baca Juga:  Merawat Masa Depan dari Kawasan Tambang

Menurut Arifin Tasrif, walau waktu kunjunganya singkat, namun dia melihat dan mendapat kesan bahwa PT Vale yang telah beroperasi sejak tahun 1978 betul-betul memelihara komitmennya.

“Selain mengoptimalkan sumber daya mineral, juga kita lihat lingkungannya terkelola dengan baik. kita saksikan di Nursery dilakukan banyak kegiatan untuk bisa mengembalikan jenis-jenis tanaman endemik yang sebelumnya disingkirkan oleh aktivitas penambangan, namun kemudian ada usaha untuk menanamnya kembali,” ujarnya, dikutip dari siaran pers, Selasa 16 Agustus 2022.

Baca Juga:  PT Vale Gandeng Tenaga Kesehatan dan Komunitas Gencarkan Literasi Tanaman Herbal

Lebih jauh dia mengungkapkan kesannya, “Saya melihat sarana pembangunan pabrik pertama sampai hari ini sudah meningkat. Kami ucapkan penghargaan kepada manajemen PT Vale yang terus berupa mengoptimalkan pengelolaan sumber daya mineral kita, khususnya nikel, sehingga bisa menjadi salah satu pemimpin dan contoh,” ungkapnya.

Selain itu Arifin juga berharap PT Vale selalu menjaga good mining practice dan terus mengoptimalkan produksi nikel.

Baca Juga:  Dirjen Minerba Sebut PT Vale Patut Jadi Percontohan Penambangan yang Baik

Selama dua hari kunjungan, rombongan Menteri ESDM melihat langsung bagaimana fasilitas lapangan, hingga praktik pertambangan nikel berkelanjutan yang telah dilakukan PT Vale sejak beroperasi 54 tahun belakangan di Blok Sorowako, Luwu Timur.