Iklan HUT korpri
News  

PT Vale Sinergi PDGI Lutim Edukasi Pelajar Pentingnya Jaga Kesehatan Gigi

PT Vale
Seorang pelajar sedang menjalani pemeriksaan kesehatan gigi. / Ist

ReferensiA.id- Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Luwu Timur (Lutim) mengadakan Lutim Dentistry III dan Muscab PDGI Cabang Lutim 2022, yang berlangsung selama dua hari, Jumat-Sabtu (2-3/9/2022). Acara ini didukung oleh PT Vale Indonesia Tbk ( PT Vale).

Sebelum acara puncak, yaitu Muscab PDGI Lutim, PDGI melakukan penyuluhan di SMPN Nuha 2 yang diikuti sebanyak 126 siswa dari kelas 7.

Baca Juga:  PT Vale Uji Coba Mobil Listrik di Area Operasional

Mereka diberikan edukasi terkait cara merawat gigi dan mulut serta pentingnya pemasangan behel untuk gigi. Namun, wajib diketahui bahwa pemasangan behel harus di rumah sakit atau puskesmas.

Setelah mendapatkan materi, 126 siswa tersebut menjalani pemeriksaan gigi dan mulut.

Dari 126 siswa yang diperiksa ditemukan 40 siswa memerlukan perawatan ortodonti.

Selain itu, ada 9 siswa yang dinyatakan memerlukan alat prostodonsia atau penggunaan gigi tiruan.

Baca Juga:  Kelompok Tani Binaan PT Vale di Desa Kolono Panen Raya Padi SRI Organik

“Kami melakukan penyuluhan ini untuk mengedukasi anak usia remaja, bahwa tidak hanya orang tua yang memerlukan perawatan gigi, tetapi anak usia remaja juga harus merawat gigi. Kami juga mengimbau untuk penggunaan behel, agar siswa jangan memasang behel di sembarang tempat, karena bisa merusak gigi,” kata ketua panitia drg. Arny Erwaty Mulyah.

Baca Juga:  Kelompok Tani Padaidi Manfaatkan Irigasi yang Dibangun PT Vale

Pada hari kedua, PDGI melakukan Muscab atau Musyawarah Cabang. Dalam Muscab kali ini drg. Muhammad Yusuf terpilih sebagai ketua PDGI Cabang Lutim 2022 periode 2022/2025 mengalahkan drg Nasruddin dengan selisih satu suara.

Yusuf memperoleh 18 suara dari 35 pemilih, sementara drg Nasruddin hanya meraih 17 suara. Setelah itu, dilanjutkan dengan seminar yang diikuti 129 peserta.