Iklan HUT Morowali PT Vale

Kuota Haji Palu 2022 Sebanyak 342 Orang

Kuota haji palu 2022
Masjidil Haram. / Ist-Kemenag

ReferensiA.id– Pejabat Pengawas Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palu HM Thalib mengungkapkan, kuota haji Palu 2022 sebanyak 342 jemaah haji regular dan 43 jemaah cadangan.

“Tekait cadangan, begerak bila ada jemaah haji berhak berangkat ada yang memundurkan diri atau menunda, jadi yang diverivikasi selain yang berangkat juga termasuk cadangan,” ungkap Thalib, Rabu 27 April 2022 seperti dikutip laman resmi.

Baca Juga:  Mulai Hari Ini 1 Desember 2021, Warga Indonesia Bisa Terbang Langsung Ke Arab Saudi

Sementara untuk  kelompok terbang (kloter), Thalib mengaku saat ini belum ada juknis. Pada tahun 2019 satu kloter 455 orang, namun tahun ini belum ada juknis.

“Yang jelas data (nama) para Jemaah haji yang akan berangkat sudah disampaikan ke KUA-KUA, sudah kami verifikasi sejak Sabtu sore 23 April hingga Minggu 24 April,” tambah Thalib.

Ada syarat haji 2022 sebagaimana disampaikan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi. Pertama, haji hanya dibuka untuk usia di bawah 65 tahun dan telah menerima vaksin Covid-19 yang disetujui Kementerian Kesehatan Saudi. Kedua,  jemaah juga diharuskan menunjukkan bukti surat negatif Covid-19 72 jam sebelum berangkat ke Arab Saudi.

Baca Juga:  Sulteng Jajaki Kerja Sama dengan Arab Saudi

Menurut Thalib Jemaah haji yang berusia 65 tahun ke atas tetap berpeluang untuk berangkat pada musim haji di tahun berikutnya, jika kondisi telah kembali normal dan pihak Arab Saudi kembali mengizinkan pemberangkatan jemaah asal luar negara tersebut seperti sebelum masa pandemi Covid-19.

“Insya Allah tetap bisa berangkat (umur 65 tahun keatas) menunggu normalnya situasi, penggabungan jemaah haji antara orang tua dan anak juga ditiadakan. Selain memenuhi persyaratan, mereka yang masuk kuota keberangkatan haji di tahun ini adalah  mereka yang seharusnya berangkat pada tahun 2020 lalu,” pungkasnya.