Presiden Bakal Kunjungi Kawasan Pangan Nusantara di Donggala

Kawasan pangan nasional di donggala
Faisal Mang. / Ist

ReferensiA.id- Presiden Joko Widodo dijadwalkan mengunjungi kawasan pangan nusantara di Donggala, Sulawesi Tengah.

Pj. Sekdaprov Ir HM Faisal Mang MM mengungkapkan, ada tiga desa yang akan jadi kawasan pangan nasional yakni Desa Talaga, Desa Sabang, dan Desa Kambayang. Ketiganya berada di Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala.

Rencana 1.123 hektar luas lahan yang disiapkan untuk menjadi kawasan pangan nusantara di tiga desa tersebut. Nantinya di lokasi tersebut akan ditanami aneka tanaman holtikultura berupa cabe, tomat, jagung, durian, kedelai, dan sebagainya.

Dia menjelaskan, kawasan pangan nasional itu akan dikembangkan mengingat Provinsi Sulawesi Tengah direncanakan sebagai daerah lumbung pangan ibu kota negara (IKN).

“Tentu saja, rencana kawasan pangan nusantara akan menciptakan lapangan kerja khususnya masyarakat pemilik lahan serta masyarakat sekitar yang akan meningkatkan kesejahteraan,” ujar Faisal Mang dalam keterangan tertulis, Senin 4 April 2022.

Selain itu, dengan adanya kawasan pangan nusantara tersebut diharapkan dapat menurunkan angka kemiskinan serta pengembangan infrastruktur sebagaimana visi-misi Gubernur Sulawesi Tengah.

Faisal Mang menjelaskan Presiden Joko Widodo direncanakan akan mengunjungi kawasan pangan nusantara tersebut.

Belum disebutkan kapan Presiden berkunjung. Namun, ada tiga agenda utama Presiden dalam kunjungannya nanti yakni peresmian lokasi lahan, penanaman bibit serta pembagian sertifikat bukti kepemilikan lahan.

Sementara itu, Faisal Mang direncanakan berkunjung ke Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala, Selasa, 5 April 2022, besok.

Sebelumnya, keputusan kunjungan lokasi untuk melihat secara dekat rencana kawasan pangan nusantara dimufakati dalam rapat penanaman vegetasi dan pelaksanaan PTSL bertempat di ruang Kerja Sekdaprov Sulteng, Senin 4 April 2022.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *