Iklan HUT Morowali PT Vale

PT THS Bakal Bangun PLTA di Banggai, Wagub Minta Libatkan BUMD

PLTA di Banggai
Wagub Sulteng Ma'mun Amir menerima perwakilan PT THS di ruang kerjanya. / Ist

ReferensiA.id- PT Tinfos Hydropower Solution (THS) berencana bangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

PT THS yang akan bangun PLTA di Banggai adalah perusahaan yang berdomisili di Jakarta sebagai subsidiary (anak perusahaan) dari TINFOS AS.

Direktur Utama PT THS, Fred Kanton menyampaikan rencana investasi itu saat bertemu dengan Wakil Gubernur Drs. Ma’mun Amir. Pertemuan dilaksanakan di ruang kerja Wakil Gubernur Sulteng, Rabu, 29 Juni 2022.

Baca Juga:  Konsorsium PLTA Bongka Teken MoU, Jadi Proyek PLTA Terbesar di Indonesia

Fred Kanton menyampaikan, PT THS bermaksud melakukan investasi untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air dengan teknologi Run-off River di Kabupaten Banggai Kecamatan Lobu. Rencana kapasitas sebesar 12 MW.

PT Tinfos telah melewati proses pre-screening dari PT PLN yaitu DPT (Daftar Penyedia Terseleksi) dan saat ini terdaftar sebagai salah satu IPP untuk calon peserta tender di PLN wilayah Sulteng raya sebagai PT Lobu Dolom Hydropower/PT LDH.

Baca Juga:  Modus Perbaiki Listrik, Kawanan Pencuri Gasak Rp1 Miliar

Saat ini PT LDH sebagai SPV dari TINFOS AS sedang melakukan proses FS, studi interkoneksi, AMDAL dan ESIA dengan melibatkan konsultan ternama dari Bandung PT Kwarsa Hexagon.

Diharapkan proses pekerjaan tersebut akan selesai pada bulan September 2022, parallel menunggu proses tender untuk pembangunan PLTA di wilayah Sulawesi Tengah oleh PLN.

Baca Juga:  Gubernur Ungkap Rencana Pembangunan 3 PLTA dan 1 PLTG di Sulteng

PT. Tinfos dalam menjalankan proyek di Indonesia didukung beberapa institusi pembiayaan dari negara Norwegia yaitu NORAD dan NORFUND. Institusi pembiayaan tersebut terutama NORAD dapat memberikan pembiayaan kepada negara berkembang, terutama infrastruktur pada daerah yang terkait dengan pembangunan pembangkit listrik tenaga air. PT Tinfos berkantor di lokasi area Kantor Kedutaan Besar Norwegia di Jakarta.