Iklan HUT Sulteng DPRD

Real Count DPR RI Dapil Sulteng: Golkar, PKS dan PKB Berebut Kursi Terakhir

DPR RI
Perolehan suara partai daerah pemilihan Sulawesi Tengah. / Ist

ReferensiA.id- Persaingan memperoleh kursi terakhir DPR RI di daerah pemilihan (Dapil) Sulawesi Tengah (Sulteng) berlangsung sengit. Persaingan itu melibatkan caleg Golkar Beniyanto, caleg PKS Sakinah Aljufri, dan caleg PKB Risharyudi Triwibowo.

Berikut ini ReferensiA.id melakukan simulasi berdasarkan data sementara hasil real count KPU RI, Sabtu 17 Februari 2024. Hingga pukul 07.30, data yang masuk 4.585 dari 9.462 TPS atau telah mencapai 48.46%.

Dari data tersebut, kursi pertama diraih Partai Golkar dengan total suara 136.341. Peraih suara terbanyak di Golkar untuk DPR RI dapil Sulteng adalah Muhidin Mohamad Said.

Selanjutnya kursi kedua direbut Partai Nasdem dengan perolehan total suara 103.272. Peraih suara terbanyak di Nasdem adalah Nilam Sari Lawira.

Selanjutnya, kursi ketiga milik Partai Demokrat dengan perolehan suara total 100.310. Peraih suara terbanyak di Partai Demokrat adalah Anwar Hafid.

Kursi keempat diraih Partai Gerindra dengan perolehan suara 98.091. Peraih suara terbanyak di Gerindra adalah Longki Djanggola.

Kemudian kursi kelima adalah PDI Perjuangan dengan perolehan suara total 55.270. Peraih suara terbanyak di PDI Perjuangan adalah Matindas Janusanti Rumambi.

Kursi ke enam PAN dengan perolahan suara total 49.693. Peraih suara terbanyak di PAN adalah Sarifuddin Sudding.

Lalu partai apa dan siapa yang berpotensi menjadi pemilik kursi ke tujuh DPR RI dapil Sulteng pada Pemilu 2024? Data sementara hasil real count KPU untuk dapil Sulteng, PKS dan PKB saling kejar. PKS meraih suara total 40.476 dan PKB sebanyak 39.668.

Meski begitu, Golkar yang berpeluang merebut kursi ketujuh. Sebab, setelah dibagi dengan bilangan pembagi tiga, suara Golkar masih lebih tinggi dibandingkan PKS dan PKB.

Jika disimulasikan pembagi bilangan tiga, maka Golkar memperoleh suara 46.428 atau masih lebih banyak dibandingkan PKS (40.476) dan PKB (39.668).

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *