ROA Perkenalkan Spesies Terancam Punah ke Anak-Anak di Wilayah Pesisir Balantak

ROA
Anak-anak di pesisir Pantai Balantak diajak mengenal spesies terancam punah. / Ist

ReferensiA.id- Relawan Orang dan Alam (ROA) mengedukasi anak-anak di pesisir Pantai Balantak terkait pentingnya menjaga keanekaragaman hayati maupun spesies terancam punah.

Pendidikan konservasi pesisir yang menyasar anak-anak sekolah di Kelurahan Talang Batu Kecamatan Balantak, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah itu, bertujuan memberikan informasi dan pengetahuan serta penyadaran tentang pentingnya melindungi spesies terancam punah di wilayah pesisir, khusunlsnya Balantak yang merupakan salah satu kawasan biogeografis yang mencakup kelompok pulau-pulau dan kepulauan di wilayah Indonesia bagian tengah, atau dikenal sebagai kawasan Wallacea.

“Memberikan pemahaman kepada anak-anak sejak dini tentang pentingnya menjaga keanekaragaman hayati di pesisir serta melindungi spesies terancam punah sangat baik dan bermanfaat agar kelak mereka lebih memiliki kepedulian dan menjadi bagian dalam upaya perlindungan dan penyelamatan bagi spesies maupun wilayah pesisir,” Ujar Irsan, fasilitator lapang ROA, Rabu 1 Oktober 2023.

Ia mengatakan, kegiatan dimulai dengan penyampaian informasi kepada anak-anak tentang ekosistem pesisir, termasuk berbagai spesies yang hidup di sana.

Anak-anak diajak untuk memahami peran ekosistem pesisir dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan kehidupan manusia, melalui bermain mengenal spesies menggunakan alat peraga yang merupakan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Tengah.

“Anak-anak kita ajak untuk mengidentifikasi spesies terancam punah di pesisir, seperti penyu, hiu, paus dan berbagai jenis ikan yang terancam punah. Anak-anak diajari cara mengidentifikasi spesies-spesies ini dan mengapa mereka harus dilindungi,” ungkapnya.

Belasan anak perempuan dan laki-laki dengan riang gembira belajar bersama di tepi pantai guna mendekatkan diri dengan alam pesisir dan laut, untuk mendekatkan anak-anak secara langsung mengenal habitat jenis spesies terancam punah yang kerap kali masih menjadi buruan manusia, bahkan terjaring dan terdampar di wilayah pantai.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *