News  

Tingkatkan Pendapatan Nelayan, ROA Kaji Nilai Tambah Produk Olahan Perikanan di Banggai

Nelayan
ROA melakukan kajian nilai tambah produk perikanan di Kabupaten Banggai. / Ist

ReferensiA.id- Lembaga Perkumpulan Relawan untuk Orang dan Alam (ROA) mendorong usaha kelompok perempuan di Desa Luok dan Kelurahan Talang Batu untuk dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga nelayan melalui pengembangan usaha berbasis hasil perikanan di wilayah pesisir Kecamatan Balantak, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah.

“Kegiatan kajian nilai tambah produk olahan perikanan ini melibatkan anggota kelompok perempuan yang bergerak dalam pengolahan hasil perikanan, ini merupakan bagian dari upaya untuk memberdayakan perempuan dalam sektor perikanan dan meningkatkan nilai tambah produk olahan yang dihasilkan,” Ujar Irsan, Field Officer ROA dalam program kerjasama Burung Indonesia dan Critical Ecosytem Patnership Fund di wilayah koridor Banggai – Togean Kawasan Wallacea, Rabu 15 November 2023.

Menurut Irsan, dalam kajian tersebut terdapat beberapa penilaian yang dilakukan, baik melalui survei lapang maupun melalui kegiatan fokus grup diskusi yang melibatkan kelompok usaha perempuan yang ada di dua wilayah dampingan ROA.

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung inisiatif seperti ini, yang tidak hanya mendukung kesejahteraan masyarakat lokal tetapi juga sejalan dengan prinsip-prinsip konservasi lingkungan. Kajian nilai tambah produk olahan perikanan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan, tidak hanya terhadap ekonomi kelompok perempuan, tetapi juga pada keberlanjutan sumber daya perikanan dan kesejahteraan masyarakat nelayan di Desa Luok dan Kelurahan Talang Batu,” Harap Irsan.

Sementara itu, Saiful Sudin salah seorang akademisi yang terlibat dalam kajian ini menyatakan, fokus utama yang ingin dicapai adalah pada peningkatan kualitas produk olahan perikanan, baik dari segi rasa, keamanan pangan, maupun kemasan.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *