188 Hari Jelang Voting Day, KPU Palu Perkenalkan Maskot dan Jingle Pilkada Palu

KPU Palu
Yojo dan Dei, maskot Pilkada Kota Palu 2024 saat diperkenalkan ke publik di Gelora Bumi Kaktus (GBK) Kota Palu, Rabu 22 Mei 2024 malam. / ReferensiA.id

ReferensiA.id- Ribuan orang sesaki gedung Gelora Bumi Kaktus (GBK) Palu pada Rabu, 22 Mei 2024 malam. Mereka menghadiri Peluncuran Tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu.

“Ini sebagai bagian dari kerja sosialisasi dan pendidikan pemilih bagi warga Kota Palu,” ungkap Ketua KPU Palu Idrus dalam sambutannya.

Hari pemungutan suara atau voting day bakal berlangsung pada 27 November 2024 mendatang, atau 188 hari sejak peluncuran tahapan dilakukan.

Selain itu, KPU Palu juga juga meluncurkan maskot serta jingle pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Palu tahun 2024. Adapun maskot Pilkada Kota Palu adalah Yojo dan Dei, dua sosok anak muda Kaili.

Dalam prosesnya, KPU Palu juga telah melantik 40 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Palu pada 16 Mei lalu.

“Selanjutnya Insyaallah pada tanggal 26 Mei 2024 kami akan melantik 138 Panitia Pemungutan suara yang tersebar pada 46 Kelurahan se-Kota Palu,” kata Idrus.

Sementara tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih akan dimulai 31 Mei sampai 23 September 2024.

“Di rentang ini kami akan dibantu oleh petugas coklit yang akan datang dari rumah ke rumah, untuk mncocokkan data warga Kota Palu dengan data terbaru yang dimiliki calon pemilih. sekarang ini KPU Palu sementara melakukan pemetaan 274 ribu calon pemilih yang akan dipetakan menjadi beberapa TPS, maksimal 600 pemilih setiap TPS,” jelas Ketua KPU Palu.

Adapun tahapan pendaftaran pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Palu pada 27 – 29 Agustus 2024. pasangan calon ini akan diusul dan didukung oleh partai politik atau koalisi partai politik tingkat Kota Palu.

“Penetapan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Palu 22 September 2024. Termasuk di rentang waktu itu akan ada penetapan nomor urut pasangan calon,” jelasnya.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *