Iklan HUT korpri

Banggai Mengaji: ASN Wajib Mengaji Setiap Pagi, Syarat Jadi Pejabat

Banggai Mengaji
Kemampuan mengaji sebagai salah satu syarat fit and proper tes pengangkatan pejabat lingkup Pemkab Banggai. / ist

ReferensiA.id – Bupati Banggai Ir H Amirudin Tamoreka meluncurkan program Banggai Mengaji di pelataran Masjid Agung An-nur Luwuk, Jumat 14 Januari 2022. Salah satu wujud program ini adalah ASN muslim wajib mengaji setiap pagi sebelum memulai aktivitas kerja di OPD masing-masing.

Bupati Banggai mengatakan, program Banggai Mengaji bertujuan menuju masyarakat madani yang cinta Alquran.

“Mudah-mudahan berkah dengan program Banggai Mengaji yang kita launching dan akan diterapkan termasuk kepada ASN, anak sekolah dan semua masyarakat Kabupaten Banggai, semoga kita semua jauh dari malapetaka dan marabahaya,” tuturnya seperti dikutip dari siaran pers.

Baca Juga:  ROA Dampingi Perempuan Pesisir Kelola Sumber Daya Laut di Balantak

Sementara itu, Ustaz Suardi Kandjai selaku panitia program Banggai Mengaji dan juga Sekretaris MUI mengatakan, sejumlah program yang masuk cakupan Banggai Mengaji yakni pembentukan dan pengaktifan majelis ta’lim di seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Banggai.

Hal yang lain kata Ustaz Suardi, akan ada program PNS muslim yang insyallah tidak berhalangan untuk mengaji setiap hari kerja setelah apel pagi. ASN diberikan waktu 30 menit dan selanjutnya beraktivitas memberikan pelayanan publik.

Baca Juga:  Tetap Waspada, BNPB Ingatkan Risiko Banjir di Banggai Sulteng

Dia menjelaskan, selain pencegahan buta aksara, program ini untuk anak sekolah dan akan menjadi salah satu syarat lulus apabila sudah mengantongi sertifikat untuk mengaji. Berikutnya adalah menjadikan kemampuan mengaji sebagai salah satu syarat fit and proper tes pengangkatan pejabat lingkup Pemkab Banggai, ucap Suardi.

Program Banggai Mengaji diisi dengan tabligh akbar oleh penceramah Ustaz Syamsuddin Nur Makka (Ustadz Syam).