Kasus HIV/AIDS di Sulteng Terus Bertambah

revisi visualisasi
ReferensiA.id

ReferensiA.id – Rabu 1 Desember 2021 akan diperingati Hari AIDS sedunia. Ini adalah peringatan agar orang semakin waspada terhadap HIV/AIDS, melakukan pencegahan dan pengobatan. Sementara data menunjukkan kasus HIV/AIDS di Sulteng terus bertambah.

Hari AIDS sedunia 2021 membawa tema ‘End inequalities. End AIDS’ atau ‘Akhiri ketimpangan. Akhiri AIDS’. Fokusnya adalah menjangkau orang-orang di seluruh dunia yang masih kurang sadar akan bahaya penyakit HIV AIDS.

Dikutip dari who.int, HIV tetap menjadi masalah kesehatan masyarakat utama yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.

Meskipun dunia telah membuat kemajuan yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir, target global yang penting untuk tahun 2020 tidak terpenuhi.

Perpecahan, disparitas dan pengabaian hak asasi manusia adalah beberapa kegagalan yang memungkinkan HIV menjadi dan tetap menjadi krisis kesehatan global.

Sekarang, COVID-19 memperburuk ketidakadilan dan gangguan terhadap layanan, membuat kehidupan banyak orang yang hidup dengan HIV lebih menantang.

Dengan fokus khusus untuk menjangkau orang-orang yang tertinggal, Organisasi Kesehatan Dunia atau  WHO dan mitranya menyoroti ketidaksetaraan yang berkembang dalam akses ke layanan HIV yang penting.

Pada 1 Desember 2021, WHO menyerukan para pemimpin global dan warga untuk bersatu menghadapi ketidaksetaraan yang mendorong AIDS. Juga untuk menjangkau orang-orang yang saat ini tidak menerima layanan HIV yang penting.

Kasus HIV/AIDS di Sulteng

Berikut ini diuraikan informasi dan data penting tentang HIV/AIDS di Sulawesi Tengah (Sulteng) yang dirangkum dari sumber resmi Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah.

Data yang dipublikasikan Kemenkes bahwa pada tahun 2020, kasus baru AIDS di Sulteng bertambah 77 kasus terdiri atas 57 laki-laki dan 20 perempuan.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *