Gubernur Tinjau IKN, Paparkan Potensi Sulteng sebagai Daerah Penyangga

Potensi Sulteng Sebagai Daerah Penyangga
Gubernur Sulteng Rusdy Mastura ikut meninjau lokasi IKN. / Ist

ReferensiA.id – Gubernur Sulawesi Tengah, H Rusdy Mastura tinjau Ibu Kota Negara (IKN) baru di Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu 12 Maret 2022.

Pada kesempatan itu, Rusdy Mastura memaparkan banyak potensi Sulteng sebagai daerah penyangga IKN kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar.

Gubernur dalam kunjungannya kali ini, didampingi OPD Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Biro (Karo) Administrasi Pimpinan.

Kepada Menteri LHK Siti Nurbaya, Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan apresiasi dan mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo untuk memindahkan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur.

Gubernur mengungkapkan, pemerintah dan masyarakat Selawesi Tengah saat ini juga sudah mempersiapkan diri sebagai daerah penyangga sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Dia menyebutkan potensi tersebut di antaranya tambang galian C yang sangat dibutuhkan dalam pembangunan IKN baru seperti pasir, batu, kerikil dan lain sebagainya. Sulteng siap menyuplai kebutuhan tersebut.

Beberapa kunjungan Gubernur dan OPD teknis ke beberapa kementerian telah menghasilkan dukungan strategis untuk mempersiapkan Sulawesi Tengah sebagai daerah penyangga IKN baru.

Dukungan strategis itu berupa pembangunaan industri perikanan halal dan pembanguan food estate. Selain itu, pembangunan infrastruktur yang mendukung keberadaan IKN baru seperti infrastruktur jalan dan jalur tol laut.

“Sulawesi Tengah memiliki letak yang sangat strategis, langsung berhadapan dengan IKN,” kata Rusdy Mastura.

Menurut Gubernur Sulawesi Tengah memiliki potensi sumber daya alam, potensi pertanian, perkebunan, dan pariwisata.

“Daerah Sulawesi Tengah akan menjadi daerah yang terdampak langsung dengan pemindahan IKN,” kata Gubernur Sulawesi Tengah. RED

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *