Hanya Tolitoli yang Tidak Punya Perwakilan Perempuan Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota di Sulteng

Calon anggota KPU
Timsel calon anggota KPU kabupaten/kota seprovinsi Sulawesi Tengah. / ReferensiA.id

ReferensiA.id- Tim Seleksi (Timsel) calon Anggota KPU kabupaten/kota seprovinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) telah mengumumkan masing-masing 10 besar nama calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) berdasarkan hasil seleksi, Jumat 5 Mei 2023.

Baik Timsel 1 yang melakukan seleksi untuk calon anggota KPU Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Morowali dan Kabupaten Morowali Utara, maupun Timsel 2 yang meliputi Kabupaten Buol, Poso, Tojo Una-Una, Tolitoli dan Kota Palu, masing-masing mengumumkan 50 nama (total 100 nama) untuk diserahkan ke KPU RI.

Nama-nama calon anggota KPU kabupaten/kota periode 2023 – 2028 itu selanjutnya akan mengikuti tahapan uji kepatutan dan kelayakan (Fit and Proper Test).

“Kami telah melakukan kerja-kerja Timsel selama 49 hari sejak diumumkan pada 19 Maret lalu. Telah dilakukan sejumlah tes hingga pengumuman 20 besar. Kemudian seleksi kesehatan, tertulis dan wawancara, serta fisik, yang kemudian menghasilkan 10 besar calon KPU kabupaten/kota,” ungkap Ketua Timsel 2 Satar Laupo.

Selain itu, Timsel juga telah membuka tanggapan masyarakat untuk mendapatkan masukan terkait nama-nama calon Anggota KPU tersebut.

Bahkan ada sejumlah nama bakal calon yang kemudian gugur setelah adanya tanggapan dari masyarakat.

“Kita juga ada sesi menjaring tanggapan masyarakat. Ada beberapa memang masukan dari masyarakat, dan hasil tracking yang menggugurkan calon. Tapi ada juga yang kemudian disanggah dan itu tidak terbukti,” ujar Ketua Timsel 1 Fatmah Dhafir.

Sementara itu, terkait keterwakilan perempuan, Timsel menyebut hampir semua wilayah memiliki keterwakilan perempuan. Namun ada satu kabupaten, yakni Tolitoli yang tidak memiliki keterwakilan perempuan pada 10 besar nama calon anggota KPU-nya.

Menurut Timsel, keterwakilan perempuan masih perlu didorong agar bisa lebih banyak, sebab untuk memenuhi 30 persen pun sulit untuk saat ini. Beberapa daerah sangat minim keikutsertaan perempuan.

Meskipun ada beberapa nama keterwakilan perempuan yang sebelumnya mendaftar, namun integritas mereka dianggap belum memenuhi kriteria.

“Ada dua aspek yang penting untuk menyiapkan para komisioner yang tangguh kedepan, yakni aspek wawancara dan fisik, juga dikuatkan dengan hasil telaah di lapangan, hasi tracking dan masukan masyarakat,” kata Anggota Timsel 1 Fadly Umar.

Adapun daftar nama-nama calon anggota KPU kabupaten/kota seprovinsi Sulawesi Tengah bisa dilihat melalui tautan di bawah ini;

Sulawesi Tengah 1, selengkapnya siakan DOWNLOAD DISINI

Sulawesi Tengah 2, selengkapnya silakan  DOWNLOAD DISINI

Adapun nama-nama itu diumumkan berdasarkan penetapan hasil tes kesehatan dan wawancara bakal calon anggota KPU pada 10 Kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tengah. RED

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *