Kebakaran Lahan di Poso, Puluhan Rumah dan Fasilitas Umum Terancam

Kebakaran lahan di poso
Terjadi kebakaran lahan di Kabupaten Poso. Api juga mengancam perumahan warga. / Ist

ReferensiA.id- Kebakaran lahan terjadi di Desa Meko, Kecamatan Pamona Barat, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah pada Selasa, 29 Agustus 2023.

Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Tengah, akibat kebakaran lahan di Poso itu, puluhan rumah hingga fasilitas umum terancam.

“Dusun 2 Masea 30-an rumah, SMP Negeri 2 Pamona Barat, Polsek Pamona Barat dan perkebunan warga,” begitu keterangan yang dikeluarkan oleh pihak BPBD terkait fasilitas yang terancam akibat kebakaran itu.

Api tampak mengular di lahan luas di wilayah Kecamatan Pamona Barat Kabupaten Poso itu.

Kebakaran diperkirakan terjadi pada pukul 16.00 Wita, dan masih berlangsung hingga laporan ini diturunkan.

Kebakaran lahan itu terjadi tepatnya di lahan area persawahan gambut yang mengancam area perkebunan dan pemukiman warga.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran.

Namun Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sulteng Andi Sembiring, pihaknya menerjunkan personel untuk menangani kebakaran lahan itu.

“Sejam lagi personel untuk respons kebakaran lahan di Desa Meko, Kabupaten Poso bergerak personel 7 orang, armada 2 unit (mobil tangki air dan hilux),” jelas Andi Sembiring.

Sementara aparat dan warga desa setempat melakukan upaya pemadaman dengan tangki semprot manual untuk mencegah agar api tidak merambat luas ke area pemukiman warga. RED

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *