Iklan HUT Sulteng DPRD

Miris!!! 7 Lansia Panti Jompo di Palu Terpaksa Makan Tanpa Lauk

Lansia Panti Jompo di Palu
Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Ismail Yunus saat mengunjungi lansia di panti jompo milik Yayasan Al Kautsar di Kota Palu, Sulawesi Tengah. / ReferensiA.id

Kemudian pada Tahun 2021, yayasan kembali mendapatkan bantuan makan minum lewat APBD Perubahan sebesar Rp45 juta.

Namun pada tahun 2022 hingga saat ini, untuk kebutuhan para lansia di panti jompo tersebut, yayasan itu belum tersentuh bantuan pemerintah.

“Ada bantuan sebesar Rp2,4 juta per orang, tapi itu untuk lansia binaan kami di luar panti. Bukan untuk yayasan, tapi di luar yayasan,” ungkap Sabrin.

Disebutkan, pemerintah melalui Balai Nivotove menyerahkan bantuan masing-masing senilai Rp2,4 juta untuk 71 lansia di luar Yayasan Al Kautsar.

“Jadi yang dibantu adalah lansia binaan, bukan yang tinggal di panti,” katanya.

Dari pemerintah provinsi, Sabrin bilang sudah 18 tahun pemerintah provinsi, dalam hal ini Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah, tak pernah sekali pun memberikan bantuan anggaran untuk para lansia yang menggantungkan usia senja di yayasan tersebut.

Selain lansia, Yayasan Al Kautsar juga dihuni 15 anak usia sekolah. Karena kondisi itu, 15 anak panti asuhan Yayasan Al Kautsar, kata Sabrin, juga terpaksa makan tanpa lauk selama sepekan terakhir.

“Anak-anak panti lagi sekolah, terpaksa mereka juga makan tanpa lauk. Makan nasi saja, kadang makan ikan sarden kalau ada,” ujar Sabrin.

Anggota DPRD Berdatangan ke Yayasan Alkautsar

Lansia Panti Jompo di Palu
Anggota DPRD Kota Palu saat menemui para lansia di Lembaga Kesejahteraan Sosial Yayasan Al Kautsar. / ReferensiA.id

Sementara itu, sejumlah anggota DPRD baik dari Kota Palu maupun Provinsi Sulawesi Tengah mendatangi langsung Yayasan Al Kautsar untuk melihat kondisi terkini para lansia yang sepekan terakhir disebut “kelaparan”.

Angota Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Ismail Yunus, yang datang membawa sejumlah bantuan sembako mengaku prihatin dengan kondisi itu. Ia menyayangkan jika benar pemerintah tak peduli dengan para lansia di panti jompo milik Yayasan Al Kautsar tersebut.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *