Saatnya Parimo Bentuk Perusda Tambang

IMG 20211129 WA0053
Gubernur Rusdy Mastura saat menerima audiensi Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai. / Humas Pemprov

ReferensiA.id – Gubernur Sulawesi Tengah H Rusdy Mastura mendorong pemerintah kabupaten Parigi Moutong membentuk perusahaan daerah (perusda) yang akan mengelola kekayaan sumber daya alam di daerah tersebut, salah satunya Perusda tambang.

Gubernur mengatakan, Kabupaten Parigi Moutong salah satu kabupaten yang memiliki potensi sumber daya alam yang sangat tinggi.

“Ada potensi tambang emas, 7 blok tambang minyak yang sementara persiapan eksplorasi,” ungkap Rusdy Mastura saat menerima audiensi Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai di ruang kerja Gubernur Sulteng, Senin, 29 November 2021.

Dengan kekayaan alam tersebut, pemerintah daerah dapat membentuk perusahaan daerah yang ikut untuk mengelola potensi daerah. Harapannya, agar dapat mendukung peningkatan pendapat daerah atau peningkatan fiskal daerah.

“Seperti Perusda provinsi tahun 2022 diberikan target untuk menyetor laba sebesar 182 M,” kata Gubenur.

Menurutnya, kepala daerah harus melakukan inovasi dan kreativitas untuk mempercepat pembangunan daerah dengan kondisi fiskal yang kurang memadai.

“Maka perlu inovasi dan kreatifitas untuk meningkatkan fiskal daerah, kalau perlu dilakukan melalui skema pinjaman,” jelasnya.

Gubernur menyampaikan pembangunan Kabupaten Parigi Moutong akan dimaksimalkan potensi tambang agar dikelola dengan baik dan memberikan manfaat untuk pembangunan daerah.

Sementara itu, untuk pengembangan potensi tambak udang, Gubernur mendorong agar Bumdes dapat dilibatkan untuk mengelola tambak udang sebagai anak angkat Perusahaan.

Selanjutnya ke depan harus dibangun pabrik es sesuai kebutuhan untuk mendukung potensi perikanan yang ada. Selanjutnya, kata dia peningkatan bidang perkebunan untuk memaksimalkan produksi kakao, tanaman durian dan potensi pertanian seperti pengembangan dan peningkatan padi. red

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *