Sekretaris DPRD Sulteng Serahkan Bantuan Tangguh Bersinar untuk Cegah Stunting di Sigi

Sekretaris DPRD Sulteng
Sekretaris DPRD Sulteng Siti Rachmi Amir Singi (tengah). / Ist

ReferensiA.id- Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Siti Rachmi Amir Singi, menghadiri sekaligus menyerahkan bantuan program terpadu percepatan penurunan stunting dan penanggulangan kemiskinan “Tangguh Bersinar”, di kantor Camat Dolo Selatan, Desa Baluase, Kabupaten Sigi, Selasa 4 Juni 2024.

Dalam kesempatan itu Sekretaris DPRD Sulteng menjelaskan, program Tangguh Bersinar merupakan upaya pemerintah Provinsi Sulteng agar angka stunting di Sulteng menjadi nihil.

Menurut Sekwan, landasan program ini berdasarkan SK Gubernur Nomor : 400.9.14/24/Bappeda – Q. ST/2024 tentang lokasi sasaran dan orang tua asuh program Tangguh Bersinar, yang mana program melibatkan semua organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemda Sulteng dan juga melibatkan beberapa BUMN dan BUMD.

“Untuk kami Sekretariat DPRD ditempatkan Kabupaten Sigi, khususnya di tiga desa, yakni Desa Walatana, Rogo dan Desa Baluase,” jelas Siti Rachmi Amir Singi.

Ia menambahkan, stunting khususnya di Kabupaten Sigi masih menjadi persoalan serius, untuk perlu diselesaikan bersama.

“Stunting tidak hanya berdampak pada kondisi fisik anak, tetapi juga pada kesehatan hingga pada kemampuan berpikirnya,” kata dia.

“Oleh karena itu, program ini merupakan satu dari berbagai upaya yang dilakukan pemerintah daerah Sulawesi Tengah untuk mempercepat penurunan angka stunting bahkan hinga zero stunting,” tandasnya.

Adapun bantuan yang diserahkan secara keseluruhan diperuntukkan kepada 38 bayi/balita stunting dan ibu hamil kekurangan energi kronis (KEK) sebanyak 5 orang.

Bantuan tersebut akan dievaluasi setiap bulan pada saat ibu-ibu yang mendapatkan bantuan melakukan posyandu, untuk melihat ada tidaknya perubahan setelah mendapatkan bantuan.

“Hal ini akan kami laporkan kepada Wakil Gubernur yang menjadi penanggung jawab kegiatan ini,” jelas Sekretaris DPRD Sulteng.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *