Iklan HUT Morowali PT Vale

Sulteng Berduka, Theo Tumakaka Tutup Usia

Theo Tumakaka
Suasana pelepasan jenazah Theo Tumakak di rumah duka. / Ist

ReferensiA.id- Sulawesi Tengah (Sulteng) berduka. Theo Tumakaka tutup usia, menghembuskan napas terakhir pada Sabtu 11 Juni 2022 dalam usia yang sepuh 85 tahun.

Gubernur Sulawesi Tengah H Rusdy Mastura diwakili Asisten Administrasi Umum, Kepegawaian dan Hukum, Mulyono SE Ak MM melepas kepergian almarhum pada Senin, 13 Juni 2022.

“Sulawesi Tengah berduka, karena hari ini Sulawesi Tengah kembali kehilangan dan melepas kepergian salah satu putra terbaiknya, tokoh penting dalam sejarah pembentukan provinsi Sulawesi Tengah,” kata Gubernur H. Rusdy Mastura dalam sambutan tertulis yang dibacakan Mulyono.

Baca Juga:  Jenazah Ketua DPRD Kota Palu Bakal Dikebumikan Hari Ini

Pada kesempatan itu, Gubernur mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas segala bakti pengabdian dan kontribusi almarhum untuk Sulawesi Tengah.

Mulyono mengatakan, kontribusi almarhum telah dimulai dari masa awal perjuangan pembentukan Provinsi Sulawesi Tengah. Lalu dilanjutkan perjuangan menentang Permesta dan juga pengabdian almarhum semasa hidupnya sebagai pegawai negeri.

Almarhum pernah menjabat sebagai pembantu bupati kepala daerah tingkat II Poso untuk wilayah Mori di Kolonodale.

Baca Juga:  Gubernur Minta Kader IMM Sulteng Banyak Belajar Sejarah

“Walau almarhum telah berpulang, akan tetapi segala ingatan, budi baik, kebijaksanaan, nasihat-nasihat dan pembelajaran yang beliau ajarkan, semoga tetap bertahan dan tidak pergi begitu saja,” ujarnya.

Terutama, lanjut Mulyono pelajaran akan pentingnya kerendahan hati dan nasihat saling menjaga antar sesama bersaudara, yaitu

“tompada mambe’o’orimani ansusa manangaia atau bertolong-tolonglah kamu dalam kesusahan”.