Temui Menperin, Gubernur Usulkan Banggai Laut Jadi Kawasan Industri Halal

Banggai Laut Jadi Kawasan Industri Halal
Gubernur Sulawesi Tengah menemui Menteri Perindustrian untuk mengusulkan Kabupaten Banggai Laut Jadi Kawasan Industri Halal. / ist

ReferensiA.id – Gubernur Sulawesi Tengah, H Rusdy Mastura menemui Menteri Perindustrian (Menperin) di Jakarta, Kamis 3 Februari 2022. Gubernur mengusulkan Kabupaten Banggai Laut jadi kawasan industri halal berbasis kemaritiman.

Usulan kepada Menperin itu adalah tindak lanjut hasil pertemuan Gubernur dengan Wakil Presiden yang mengharapkan Sulawesi Tengah menggagas kawasan industri halal.

Kawasan nantinya dapat menjadi penyuplai atau daerah penyangga bagi IKN (Ibu Kota Negara) yang baru di Kalimantan.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita lantas menanyakan potensi kelautan yang dimiliki. Dijelaskan Gubernur bahwa wilayah Banggai sangat kaya potensi kelautan.

Bahkan, kata dia saat ini secara rutin menyuplai ikan segar hingga ratusan ton untuk kebutuhan di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Mengenai lahan, Gubernur menyampaikan akan bekomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Banggai Laut agar dapat menyiapkan lahan yang cukup agar memenuhi persyaratan dalam membentuk satu kawasan industri.

“Lahan yang disiapkan minimal 50 hektar,” ujar Rusdy Mastura merespons pernyataan Menteri Perindustrian bahwa investasi butuh lahan yang luas pula.

Pada pertemuan itu, Gubernur didampingi oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Tengah Richard Arnaldo. Sedangkan Menperin didampingi oleh Sekretaris Jenderal Dody Widodo, Direktur Jenderal Industri Agro Putu Juli Ardika, serta Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional Eko S.A. Cahyanto. RED

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *