Iklan HUT korpri

Begini Cara Cek Penerima BLT BBM Rp300 Ribu

Penerima BLT BBM
Penyaluran BLT BBM di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu 3 September 2022.

ReferensiA.id- Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi pengalihan Bahan Bakar Minyak (BBM) sudah mulai disalurkan. Penerimanya adalah mereka yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos).

Menurut Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sulawesi Tengah Sitti Hasbiah N Zaenong, bantuan langsung tunai yang merupakan program dari pemerintah pusat ini akan disalurkan sebanyak dua kali.

Baca Juga:  Polresta Palu Salurkan Paket Bansos dalam Rangka HUT ke-76 Bhayangkara

Untuk penyaluran pertama sebesar Rp300 ribu. “Jadi Rp300 ribu itu untuk September-Oktober. Nanti November-Desmber akan ada lagi,” ungkap Sitti Hasbiah, usai menyaksikan penyerahan BLT BBM oleh Wali Kota Palu Hadianto Rasyid kepada sejumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sabtu 3 September 2022.

Di Sulawesi Tengah, calon penerima BLT BBM sebanyak 130.248 KPM. Angka itu berdasarkan DTKS Kemensos.

Baca Juga:  Gubernur Sulteng Serahkan Bantuan di Lokasi Banjir Bandang Torue, Termasuk Bansos Senilai Rp500 Juta

Bagi masyarakat yang ingin memastikan apakah berhak menerima BLT BBM, Sitti Hasbiah bilang bisa dilakukan dengan cara memastikan melalui aplikasi Cek Bansos atau secara manual dengan mendatangi kantor kelurahan/desa masing-masing.

Untuk masyarakat yang ingin melakukan cek data melalui aplikasi Cek Bansos, bisa pula langsung mengklik situs berikut; https://cekbansos.kemensos.go.id/

Caranya; ketika telah masuk ke aplikasi, cukup mengisi data provinsi, kota, kecamatan, desa/kelurahan dan nama penerima manfaat. Kemudian salin huruf kode yang ada di aplikasi, lalu cari data.

Baca Juga:  Bantuan Rp1 Juta di Sulteng Cair Mulai Besok

Jika nama yang dimasukkan masuk dalam DTKS, maka akan muncul nama penerima manfaat beserta data bantuan yang sebelumnya telah diterima.