Iklan pemilu DPRD Sulteng

Tahap Awal, 564 KK di Sigi Terima Bantuan Rp1 Juta

Bantuan Rp1 Juta
Penyaluran bantuan Rp1 juta per keluarga di Sigi. / Ist

ReferensiA.id- Bantuan Rp1 juta per keluarga di Sulawesi Tengah (Sulteng) mulai disalurkan. Khusus di Kabupaten Sigi, pada tahap awal bantuan uang tunai menyasar 564 kepala keluarga.

Rabu 27 April 2022, bantuan telah disalurkan kepada 78 keluarga terdiri atas 26 di Kecamatan Biromaru dan 52 di Kecamatan Dolo. Penyaluran bantuan tersebut dilaksanakan di Bank Sulteng Sigi, Desa Kalukubula, Kecamatan Sigi Biromaru.

“Pada Kamis, 28 April dilanjutkan bagi KPM (keluarga penerima manfaat) di Kecamatan Palolo dan Nokilalaki,” kata Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial pada Dinas Sosial Sigi, Arif Ainul Kadoy di Sigi, Rabu 27 April 2022.

Dia mengungkapkan, pada tahap awal, Pemerintah Provinsi Sulteng menyalurkan bantuan Rp1 juta per KK tersebut kepada 564 keluarga.

“Mereka yang menerima bantuan ini yang masuk DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) dan belum mendapat bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT),” jelasnya.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sulawesi Tengah Siti Hasbia N Zaenong mengingatkan agar dalam proses penyaluran batuan tersebut benar-benar dapat tepat sasaran. Jika tidak, masyarakat dapat melaporkannya kepada pihak Dinas Sosial kabupaten/kota.

“Bisa dilaporkan. Karena tujuannya yang belum pernah dapat bantuan. (Laporkan) ke Dinsos kabupaten/kota karena mereka yang validasi datanya,” ujar Siti Hasbia, Rabu 27 April 2022.

Sebelumnya Kadis Sosial itu juga sudah mengingatkan agar dalam proses penyalurannya tidak ada pungutan liar (pungli) atau pihak yang memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan.

“Jadi tidak ada potongan. Total bersih Rp1 juta. Jangan ada lagi oknum yang minta ‘jatah’ karena mengaku sudah membantu. Ini semuany sudah diatur di bank, bahkan untuk materainya saja kita siapkan, penerima tidak ada lagi keluar biaya sama sekali,” kata Kadis Sosial beberapa waktu lalu.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *