Begini Cara Lihat Pengumuman SNBP 2023 Universitas Tadulako Beserta Linknya

Cara lihat pengumuman SNBP 2023
Hari ini pengumuman hasil tes SNBP 2023 Universitas Tadulako. / Fandy

ReferensiA.id- Pengumuman hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) untuk masuk perguruan tinggi diumumkan pada Selasa, 28 Maret 2023 hari ini.

Adapun cara lihat pengumuman SNBP 2023, termasuk untuk Universitas Tadulako (Untad) Palu, bisa dilihat di artikel ini.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik Untad Lukman, tahun 2023 Untad akan menampung mahasiswa sebanyak 8.675 orang pada jenjang S1, D4, dan D3 yang tersebar pada 59 program studi.

Khusus untuk jalur SNBP berjumlah 1.954 orang, sedangkan jalur SNBT 4.217 orang, dan jalur mandiri 2.504 orang.

“Adapun kriteria kelulusan SNBP berdasarkan rata-rata nilai rapor mata pelajaran, nilai rapor mata pelajaran pendukung program studi, portfolio, dan prestasi,” ungkap Lukman.

Bagi siswa yang ingin melihat hasil hasil pengumuman SNBP, bisa klik di sini.

Jika mengikuti hasil pengumuman SNMPTN tahun lalu, maka contoh pengumuman SNBP 2023 bagi siswa yang dinyatakan lolos seperti berikut:

“SELAMAT! ANDA DINYATAKAN LULUS SELEKSI SNBP 2023.”

Masih di laman yang sama akan ditampilkan prodi dan PTN sesuai pilihan Anda. Lalu, ditampilkan pula link menuju PTN tersebut untuk melakukan daftar ulang SNBP.

Bila peserta SNBP tidak dinyatakan lolos, akan muncul pesan seperti ini:

“ANDA DINYATAKAN TIDAK LULUS SELEKSI SNBP 2023.”

“MASIH ADA KESEMPATAN MENDAFTAR DAN MENGIKUTI UTBK SNBT 2023 ATAU SELEKSI MANDIRI PTN.”

Meski begitu, bagi pendaftar yang belum beruntung lulur lewat jalur SNBP, masih punya kesempatan kuliah di Untad melalui Jalur SNBT dan Jalur Mandiri.

“Perlu ditambahkan bahwa secara nasional Untad berada pada urutan ke-9 yang meluluskan KIP-Kuliah, yakni 808 (orang),” ungkap Lukman.

Tercatat 7.218 orang siswa dari Sulteng yang mengikuti SNBP di berbagai pilihan PT, dan yang lulus hanya 2.311 orang atau 32,02 persen.

Dari 7.218 orang siswa, terdapat 2.808 orang peserta KIP Kuliah, namun yang lulus hanya 980 orang. Untuk informasi selengkapnya dapat dilihat di sini.

Sementara itu, untuk SNBT, pendaftaran telah berlangsung sejak tanggal 23 Maret sampai 14 April 2023 mendatang.

Pelaksanaan SNBT gelombang pertama akan berlangsung pada 08 – 14 Mei 2023. Sementara gelombang kedua berlangsung pada 22 – 28 Mei 2023.

Adapun pengumuman hasil SNBT pada 20 Juni 2023 mendatang.

Sebagai informasi, untuk materi tes SNBT nantinya ada tiga aspek, sebagai berikut;

1. Tes Potensi Skolastik (TPS), untuk mengukur kemampuan kognetif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khusunya Pendidikan tinggi.

Dalam TPS yang akan diuji adalah kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitaf, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Kemampuan kuantitaf akan mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar.

2. Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia, agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

3. Penalaran Matematika, mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia.

Nah itu adalah informasi seputar pengumuman dan pendaftaran masuk perguruan tinggi di Universitas Tadulako Palu. RED

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *