BI Sulteng Gelar Expo Dorong Transformasi Ekonomi dan Keuangan Syariah, Banyak Hadiah dan Keseruan

BI Sulteng
Kepala BI Perwakilan Sulawesi Tengah Dwiyanto Cahyo Sumirat (tengah) saat menyampaikan keterangan terkait rencana penyelenggaraan Sulteng Ekonomi Syariah Expo 2023. / Ist

ReferensiA.id- Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Tengah (Sulteng) bakal menggelar pameran atau expo ekonomi syariah pada 14 – 16 April 2023. Gelaran itu sebagai salah satu upaya mendorong transformasi ekonomi dan keuangan syariah di daerah.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah Dwiyanto Cahyo Sumirat mengatakan, Bank Indonesia terus mendorong transformasi ekonomi dan keuangan syariah (EKSyar) sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru. Transformasi EKSyar dilakukan secara optimal untuk berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

“Di Sulawesi Tengah sendiri, dalam rangka pengembangan ekonomi dan keuangan syariah sejumlah langkah dan program telah dilakukan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah,” ungkap pria yang akrab disapa Anto itu dalam keterangannya, Rabu 12 April 2023.

Adapun berbagai upaya yang telah dilakukan BI Sulteng antara lain, program pemberdayaan ekonomi pesantren yang telah dilakukan di sejumlah pondok pesantren (ponpes), seperti program pengembangan usaha pembuatan roti di Ponpes Al Istiqomah Ngatabaru, Usaha air minum dalam kemasan pada Ponpes Al Khairaat Madinatul Ilmi di Dolo, Sigi dan sejumlah program lainnya.

Kemudian akselarasi sertifikasi halal bagi UMKM melalui kerjasama dengan Kementerian Agama.

Ada pula program literasi ekonomi dan keuangan syariah kepada sejumlah kalangan seperti mahasiswa dan masyarakat umum.

Lalu pengembangan komunitas UMKM Industri Kreatif Syariah (IKRA) yang nantinya akan diikutsertakan dalam sejumlah event pameran berskala nasional.

“Selain sejumlah program tersebut, dalam rangka pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dan menyambut bulan suci Ramadhan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah juga akan menyelenggarakan suatu event dengan tajuk Sulteng Ekonomi Syariah Expo 2023,” jelasnya

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *