Iklan HUT Morowali PT Vale

Dirjen Minerba Sebut PT Vale Patut Jadi Percontohan Penambangan yang Baik

Percontohan Penambanga yang Baik
Menurut Dirjen Minerba Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin, sejauh ini perusahaan tambang yang konsisten pada penggunaan komitmen terhadapat EBT barulah PT Vale. / PT Vale

ReferensiA.id – Pemerintah mengapresiasi sistem pertambangan yang dipraktikkan oleh PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale). Bahkan PT Vale disebut patut jadi percontohan penambangan yang baik.

Apresiasi itu disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin, Deputi IV bidang Koordinasi Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator bidang Perekonomian sekaligus Ketua Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas, Wisnu Utomo, serta Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral Kementerian ESDM, Sugeng Mudjianto.

Baca Juga:  7 Provinsi Ini Tetapkan Rencana Umum Ketenagalistrikan

Apresiasi diberikan atas upaya PT Vale yang memperhatikan lingkungan sekitar agar terjaga dengan baik dalam beroperasi sebagai perusahaan pertambangan.

Dalam kunjungan yang dilaksanakan ke area operasional PT Vale, Jumat-Sabtu (28-29 Januari 2022), ketiga pejabat tersebut menyampaikan apresiasi terhadap komitmen PT Vale dalam menyeimbangkan dan menjaga ekosistem sekitar. Mengingat, operasional yang dilaksanakan PT Vale sangat identik dengan aktivitas mengelola sumber daya alam.

Baca Juga:  Produksi Nikel PT Vale Meningkat di Triwulan Tiga 2022

Pada kunjungan tersebut, PT Vale mengajak rombongan untuk melihat sejumlah lokasi di area operasional PT Vale, di antaranya melihat langsung PLTA Balambano yang menerapkan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Menurut Dirjen Minerba Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin, sejauh ini perusahaan tambang yang konsisten pada penggunaan komitmen terhadapat EBT barulah PT Vale.

“Hebat menurut saya, kita baru dengar presentasinya bahwa peluang-peluang perusahaan tambang untuk mengurangi emisi karbon itu ada. Tadi sudah dipetakan juga di sektor-sektor mana saja itu bisa dilakukan. Dan sekali lagi yang paling penting itu dibuat berdasarkan skenario badan usaha itu sendiri. Dan, saya baru kali ini melihat di PT Vale yang komitmen menerapkan EBT,” katanya di sela-sela kunjungan, berdasarka keterangan yang diterima pada Senin 31 Januari 2022.