News  

Disnakertrans Sulteng Pastikan IMIP Utamakan Hak Korban Ledakan Tungku Smelter PT ITSS

IMIP
Sejumlah pekerja berupaya mengevakuasi korban ledakan tungku smelter PT ITSS. / Ist

ReferensiA.id- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) memastikan penanganan dan pemberian hak para korban ledakan tungku smelter PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (PT ITSS) di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (PT IMIP) di Kabupaten Morowali, menjadi fokus utama saat ini.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Disnakertrans Sulteng Arnold Firdaus usai timnya melakukan komunikasi dengan PT IMIP sebagai pihak pengelola kawasan industri nikel tersebut.

“Kami sudah komunikasi demgan IMIP dan menyampaikan bahwa penanganan korban dan hak-hak mereka harus menjadi prioritas utama,” kelasnya kepada ReferensiA.id, Minggu 24 Desember 2023.

Selain itu, untuk memberikan hak kepada korban kecelakaan kerja tersebut, ia menyebut tim BPJS Ketenagakerjaan Cabang Morowali juga telah melakukan koordinasi demgan manajemen IMIP dan rumah sakit untuk penanganan korban.

Berdasarkan data sementara, korban akibat ledakan tungku smelter tersebut mencapai 51 orang, 13 di antaranya meninggal dunia, termasuk tenaga kerja lokal maupun tenaga kerja asing. Sementara puluhan lainnya mengalami luka-luka. Korban telah mendapatkan perawatan di klinik.

Ledakan tungku smelter PT ITSS terjadi pada Minggu pagi tadi. Sejumlah video yang beredar memperlihatkan situasi di lokasi, beberapa pekerja bahkan harus melompat dari ketinggian untuk menyelematkan diri. RED

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *