Iklan HUT Morowali PT Vale

Fasilitas Memadai, Sulteng Siap Jadi Tuan Rumah Pra PON Futsal

Tuan Rumah Pra PON Futsal
Syamsuddin Tobone

ReferensiA.id – Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sulawesi Tengah menyatakan diri siap menjadi tuan rumah Pra PON futsal di tahun 2023 mendatang. Penetapan tuan rumah itu rencananya akan dilangsungkan pada kongres Federasi Futsal Indonesia (FFI) di bulan November 2022.

Ketua Umum AFP Sulteng, Syamsuddin Tobone mengatakan, pihaknya sebelumnya telah melakukan komunikasi dengan pengurus pusat, dalam hal ini Sekjen Federasi Futsal Edy Prasetyo, terkait kesiapan Sulteng untuk jadi tuan rumah Pra Pekan Olahraga Nasional (PON).

Baca Juga:  Gubernur Sulteng Pamer Skill Sepak Bola ke Witan Sulaeman

“Alhmadulillah dari beliau (Edy Prasetyo), memberi lampu hijau atas kesiapan Sulteng jadi tuan rumah pra-PON,” ungkap Samsuddin dalam keterangannya, Jumat 28 Januari 2022.

Dijelaskannya, kesiapan Sulteng jadi tuan rumah tidak main-main termasuk dari segi prasarana. Apalagi saat ini memiliki fasilitas yang sangat memadai untuk memfasilitasi para atlet.

Samsuddin bilang, pihaknya telah menyiapkan venue Gelora Bumi Kaktus (GBK) di Kota Palu apabila Pra PON jadi terselenggara.

Baca Juga:  Pertandingan Liga Futsal Nusantara Region Sulteng Dimulai Malam Ini

“Lapangan di GBK itu bukan lagi standar nasional, sudah Internasional. Di Sulawesi sejauh ini baru Sulsel dan Sulteng yang memiliki lapangan bertaraf internasional. Ini yang meyakinkan kami siap jadi tuan rumah pra PON pada tahun 2023,” paparnya.

Dengan jadi tuan rumah pra-PON, AFP menaruh target cabor Futsal Sulteng setidaknya bisa lolos PON Aceh-Sumut tahun 2024. Sebab selama ini selalu vakum pada pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Baca Juga:  Ini Daftar Nama Pemain Persipal yang Dibawa ke Liga 3 Nasional

Olehnya, AFP Sulteng kata Syamsuddin, akan berjuang habis-habisan. Apalagi selama ini Sulteng belum pernah jadi tuan rumah pra Pon di Cabor Futsal. Akan jadi euforia tersendiri bagi tim Sulteng apabila jadi tuan rumah pada perhelatan pra-PON.