Iklan HUT Morowali PT Vale

Gempa Teluk Tomini Magnitudo 5,3, Warga Diimbau Hindari Bangunan Retak

Gempa Teluk Tomini
BMKG

ReferensiA.id- Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang sejumlah wilayah di Teluk Tomini pada pukul 20.58 Wita, Minggu 17 Juli 2022 malam.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatalogi dan Geofisika (BMKG), gempa Teluk Tomini itu merupakan jenis gempa bumi tektonik menengah akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Laut Sulawesi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempa bumi itu memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Baca Juga:  BNPB: 257 Rumah Rusak Terdampak Gempa M 6.6 Banten

Pusat gempa bumi berada di laut pada jarak 67 Km arah barat daya Bone Bolango, Gorontalo pada kedalaman 107 kilometer.

Gempa bumi itu juga dirasakan di wilayah Teluk Tomini lainnya seperti Banggai, Sulawesi Tengah.

“Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kota Gorontalo dengan skala intensitas III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), daerah Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Boalemo dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), daerah Luwuk dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), daerah Morowali dan Kabupaten Pulau Taliabu dengan skala intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang),” ungkap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangannya.

Baca Juga:  Gempa Banten Dirasakan di Sejumlah Daerah, Berikut Penjelasan BMKG

Meski begitu, BMKG menyebut gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Usai gempa bumi 5,3 di Teluk Tomini, BMKG pun mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.