Iklan Imlek DPRD prov

Google Doodle Hari Ini Bisa Dimainkan, Tampilkan Sosok Bapak Game Modern Jerry Lawson

Jerry Lawson
Google Doodle hari ini. / Ist

ReferensiA.id- Hari ini Google Doodle menampilkan sosok Gerald “Jerry” Lawson. Uniknya, doodle hari ini bisa dimainkan. Google menghadirkan animasi Jerry Lawson dalam tampilan gim interaktif.

Dikutip dari laman google, gim interaktif Doodle hari ini untuk merayakan ulang tahun ke-82 Gerald “Jerry” Lawson, salah satu bapak gim modern yang memimpin tim yang mengembangkan sistem gim video rumahan pertama dengan kartrid gim yang dapat dipertukarkan.

Baca Juga:  Google Doodle Hari Ini Tampilkan Raja Ali Haji bin Raja Haji Ahmad, Sejarawan Bugis-Melayu

Doodle menampilkan game yang dirancang oleh tiga artis tamu dan desainer game Amerika: Davionne Gooden , Lauren Brown , dan Momo Pixel.

Sebagai informasi, Lawson lahir di Brooklyn, New York pada hari ini pada tahun 1940. Dia mengutak-atik elektronik sejak usia dini, memperbaiki televisi di sekitar lingkungannya dan membuat stasiun radionya sendiri menggunakan komponen daur ulang.

Dia kuliah di Queens College dan City College of New York sebelum berangkat lebih awal untuk memulai karirnya di Palo Alto, California. Pada saat itu, kota dan wilayah sekitarnya dikenal sebagai “Lembah Silikon” karena ledakan perusahaan teknologi baru yang inovatif yang didirikan di daerah tersebut.

Baca Juga:  Tempe Jadi Google Doodle Hari Ini, Ternyata Makanan Ini Sudah Ada Sejak 400 Tahun Silam

Setibanya di California, Lawson bergabung dengan Fairchild Semiconductor sebagai konsultan teknik.

“Beberapa tahun kemudian, Lawson dipromosikan menjadi Direktur Teknik dan Pemasaran departemen video game Fairchild di mana dia memimpin pengembangan sistem Fairchild Channel F (“F” berarti kesenangan!),” tulis keterangan di laman Google Doodle.

Ini adalah konsol sistem video game rumahan pertama yang menampilkan kartrid game yang dapat dipertukarkan, joystick digital 8 arah, dan menu jeda. Channel F membuka jalan bagi sistem game masa depan seperti Atari, SNES, Dreamcast, dan lainnya.