Iklan HUT Morowali PT Vale

Labyrinth Fun Battle Orienteering di Sigi Diikuti Puluhan Peserta

Labyrinth Fun Battle
Salah seorang peserta Labyrinth Fun Battle di Sigi, Sulawesi Tengah. /Ist

ReferensiA.id – Lembaga Petualang dan Pecinta Alam (LPPA) Tirauve dan Karang Taruna Moroso Tinggede menggelar turnamen Labyrinth Fun Battle Orienteering pertama di tahun 2022.

Bekerja sama dengan pengurus provinsi Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI) Sulteng, perlombaan itu digelar Minggu, 20 Februari 2022, di Masjid Al-Abrar Kelurahan Tinggede, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Baca Juga:  Persipal Bantai Gabsis Sambas 4 Gol Tanpa Balas

Ketua LPPA Tirauve Rehan Mufadal menuturkan, kejuaraan itu dikhususkan bagi pemula (non podium) di tiga kategori, atau mereka yang belum pernah juara dengan jenis Orienteering Labyrinth Fun Battle tipe sprint O mix Labyrinth O.

“Ini bertujuan memberi kesempatan pemula untuk bersaing, tanpa bersaing dengan para atlet yang sudah sering juara,” katanya.

Adapun 43 peserta yang terdaftar bertarung di tipe Cross Orienteering dengan lintasan labirin dan lintasan sprint. Para peserta menyelesaikan lintasan labirin terlebih dahulu kemudian melanjutkan ke lintasan sprint.

Baca Juga:  Irsan Satria Ingin IOF Palu Jadi Penggerak Ekonomi Wisata

Menurut Rehan, kejuaraan Fun Battle Orienteering memang baru kembali terselenggara sejak terakhir dilaksanakan pada tahun 2018.

“Selain itu, Tirauve juga rutin menggelar latihan gabungan (latgab). Ini merupakan salah satu bentuk untuk memperkenalkan olahraga Orienteering kepada masyarakat luas di daerah setempat,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Orientering merupakan olahraga yang membutuhkan kemampuan dan keterampilan navigasi menggunakan peta dan kompas. Para peserta dalam hal ini akan melakukan perjalanan dari satu titik ke titik lain (point to point) di alam bebas atau daerah yang belum dikenali sebelumnya.