Iklan HUT korpri

Panja Komisi VII DPR RI Dukung PT Vale Lakukan Hilirisasi Tambang di Sambalagi Morowali

PT Vale
Presiden Direktur PT Vale Febriany Eddy saat menyambut kedatangan Panja Komisi VII DPR RI. / Ist

ReferensiA.id- Panitia Kerja (Panja) Komisi VII DPR RI mengapresiasi dan mendukung komitmen PT Vale dalam mendorong hilirisasi di sektor pertambangan.

Hal itu terungkap dalam kunjungan kerja yang dilakukan Panja Komisi VII ke areal operasional PT Vale di Sambalagi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Kamis 17 November 2022.

Kedatangan tim Panja Komisi VII dipimpin oleh Lamhot Sinaga dan diterima jajaran manajemen PT Vale, yakni Presiden Direktur PT Vale Febriany Eddy, Wakil Presiden Direktur Adriansyah Chaniago, serta hadir pula Sekda Morowali Yusman Mahmud sebagai perwakilan Bupati Morowali.

Baca Juga:  Peringatan Bulan K3 Dipusatkan di Sorowako

Dalam kunjungan tersebut, Lamhot Sinaga mengatakan, pembangunan smelter di Sambalagi harus didukung, karena akan memberikan dampak positif bagi masyarakat di antaranya penyerapan tenaga kerja mencapai 60 ribu dengan mengutamakan masyarakat lokal.

Untuk itu, dia menyampaikan dukungannya pada PT Vale yang begitu serius dalam melakukan hilirisasi nikel dengan smelter yang akan dibangun di Sambalagi.

Baca Juga:  Produksi Nikel PT Vale Meningkat di Triwulan Tiga 2022

“Smelter yang akan dibangun ini merupakan smelter yang green energi. Kami di komisi VII sangat mendukung itu. Sebab kita akan masuk dalam transisi energi pada tahun 2050, untuk itu semua smelter kami dorong menjadi green energi, kita sangat bersyukur
PT Vale serius membangun smelter yang green energi. Sehingga hilirisasi yang dilakukan oleh PT Vale sangat kita dukung dan apresiasi,” ujarnya.

Baca Juga:  CEO PT Vale Jadi Pembicara di COP26 Glasgow

Lamhot Sinaga menuturkan, berdasarkan informasi dari Pemkab Morowali bahwa kehadiran smelter mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi di Morowali. Hal ini tentu berbeda dari informasi yang selama ini diperolehnya.