Iklan HUT Morowali PT Vale

PLTA di Touna Segera Dibangun

PLTA di Touna Segera Dibangun
Bupati Touna dan pihak PT BNE bertemu Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura terkait rencana pembangunan PLTA di Sungai Bongka, Touna. / Ist

ReferensiA.id – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) H Rusdy Mastura menerima kunjungan Bupati Tojo Unauna (Touna) Moh Lahay dan Pihak PT Bongka Nova Energi (PT BNE), Senin 7 Maret 2022. Dalam pertemuan itu, dibahas rencana PLTA di Touna segera dibangun.

Bupati Touna Mohammad Lahay bilang, PT Bongka Nova Energi akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Sungai Bongka, Kabupaten Tojo Unauna, sehingga butuh dukungan Gubernur untuk memberikan rekomendasi percepatan realisasi pembangunannya.

Baca Juga:  Gubernur Ungkap Rencana Pembangunan 3 PLTA dan 1 PLTG di Sulteng

Terkait hal itu, Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura menyampaikan, sepanjang mendapat persetujuan Bupati Touna ia pun menyetujui segala persyaratan yang dibutuhkan agar segera dilengkapi.

Bahkan Gubernur menyampaikan dukungannya kepada seleruh bupati dan wali kota agar mendukung seluruh investasi di wilayahnya.

“Dorong dan berikan dukungan kepada Investor untuk dapat segera mengelola potensi yang ada di daerahnya,” kata Guberur dalam keterangannya, Senin 7 Maret 2022.

Baca Juga:  PT THS Bakal Bangun PLTA di Banggai, Wagub Minta Libatkan BUMD

“Kita bersyukur saat ini beberapa daerah sudah memiliki invesastasi besar, seperti Morowali, Morut dan Banggai memiliki tambang nikel dan gas. Kabupaten Balut akan segera dibangun Kawasan Industri Halal, Donggala akan segera dibangun Food Estate untuk mendukung IKN, Kabupaten Sigi, Poso, Kabupaten Parigi Moutong kita persiapkan menjadi daerah pertanian sebagai penyangga IKN, dan investasi harus memberikan dampak terhadap fiskal daerah melalui Perusda.”

Baca Juga:  Motif Pembunuhan Seorang Gadis di Touna Terungkap, Pelaku Ternyata Kekasih Korban

Terkait rencana pembangunan PLTA di Touna, Gubernur menyampaikan potensi Pembangkit Listrik Tenaga Air sangat besar di Sulawesi Tengah, sehingga membutuhkan Investasi untuk mengelola potensi tersebut.