Iklan HUT Morowali PT Vale

Tiga Desa Terima Bantuan Alsintan, Bupati: Terima Kasih PT Vale

Tiga Desa Terima Bantuan Alsintan
PT Vale serahkan bantuan alat mesin pertanian ke masyarakat di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. / Ist

ReferensiA.id – Masyarakat tiga desa di Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur terima bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale), Jumat 11 Maret 2022.

Tiga desa terima bantuan alsintan melalui program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PKPM yakni Matano, Kawata dan Parumpanai.

Bantuan yang diserahkan berupa dua unit Combine Hervester Kubota Dc.70 Plus dan empat unit handtractor Rangka Quick Mesin Yanmar.

Baca Juga:  Pelabuhan PT KNI di Pomalaa Sulawesi Tenggara Diresmikan

Alsintan ini menunjang pengembangan Produk Unggulan Perdesaan (PRUKADES) Pertanian di kawasan perdesaan mandiri hasil olahan hutan non kayu, peternakan dan pertanian yang melingkupi 3 tiga desa tersebut.

General Manager Social Development Program PT Vale Indonesia Tbk, Ardian Putra menyerahkan bantuan ke Bupati Luwu Timur Budiman yang kemudian diserahkan BUMDESMA (Badan Usaha Milik Desa Bersama) Wute Manuwo untuk dikelola dan selanjutnya dimanfaatkan petani.

Baca Juga:  PT Vale Salurkan 55.800 Blood Lancet ke PMI Lutim

Bupati Luwu Timur, Budiman mengatakan, bantuan yang diberikan PT Vale bukan bantuan biasa, karena proses pengadaannya yang panjang setelah melewati tahapan pengkajian kebutuhan & kelayakan dari para pihak. Untuk itu masyarakat diminta untuk memaksimalkannya.

“Karena mengusulkan sebuah program itu tidak mudah. Meyakinkan pemerintah, meyakinkan Vale, termasuk meyakinkan stakeholder, bahwa bantuan ini bermanfaat atau tidak. Berbagai macam dilakukan, Musyawarah Antar Desa (MAD) dilakukan, berdiskusi, bermohon, verifikasi, pleno, baru lah lahir kebijakan,” jelasnya.Tiga Desa Terima Bantuan Alsintan

Baca Juga:  PT Vale Bantu Fasilitas Penunjang Puskesmas di Morowali

Ke depan, Budimana berharap bantuan alat untuk menunjang aktivitas pertanian tersebut bisa dimanfaatkan sebaik baiknya untuk kesejahteraan masyarakat yang ada di kabupaten Luwu Timur, khususnya di Kecamatan Wasuponda.