News  

Viral Soal Air Limbah PT CPM Dialirkan ke Sungai, DLH Sulteng Beserta Kepolisian Kunjungi Lokasi

PT CPM
PT CPM pastikan limbah perusahaan tambang itu tidak dialirkan ke Sungai Ponto. / Ist

ReferensiA.id- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sulawesi Tengah (Sulteng) beserta pihak kepolisian dari Polda Sulteng serta Polresta Palu datangi PT Citra Palu Minerals (PT CPM), Senin 21 Agustus 2023. Kedatangan tim DLH Sulteng bersama pilihan Kepolisian itu terkait video yang viral di media sosial yang menyatakan jika air limbah perusahaan tambang emas itu dialirkan ke Sungai Pondo.

Setiba di site PT CPM, tim DLH berserta aparat kepolisian diterima oleh pimpinan CPM, kemudian meninjau dan melihat langsung kondisi Sungai Pondo atau di lokasi sesuai dengan video yang viral tersebut.

Dalam kunjungan itu tim uji laboratorium DLH Sulteng langsung mengambil sampel air Sungai Pondo yang kondisinya justru terlihat bening dan tak keruh.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Sulteng Moh Natsir mengatakan, pihaknya menindaklanjuti dengan melakukan kunjungan langsung ke PT CPM pascavideo yang menyebut limbah dari PT CPM dialirkan ke sungai itu viral di media sosial.

“Hari ini kami melakukan pengamatan langsung dan mengambil sampel air di Sungai Pondo untuk selanjutnya diuji lab,” Kata Moh Natsir dalam keterangan yang diterima ReferensiA.id.

Moh Natsir mengemukakan untuk membuktikan kualitas air tersebut pihaknya akan melakukan uji lab dengan menggunakan 16 parameter.

“Hasil dari uji lab tersebut dalam waktu 14 hari kerja,” jelasnya.

Manager Government Relation and Permit PT CPM Amran Amier menegaskan, dalam operasionalnya CPM tidak pernah membuang limbah ke Sungai Pondo seperti dalam video yang viral di media sosial yang menyatakan air yang keruh di sungai pondo karena adanya limbah dari CPM.

“Dalam operasional perusahaan tidak pernah membuang limbah ke lingkungan karena pengelolaan limbah menerapkan sistem close circuit,” katanya.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *