Iklan HUT korpri

Bertemu Ketua Umum GKST, Gubernur Sulteng Wacanakan Pemekaran Kabupaten Poso

Pemekaran Kabupaten poso
Gubernur Sulteng Rusdy Mastura kembali menyampaikan wacana pemekaran Kabupaten Poso. / Ist

ReferensiA.id- Gubernur Sulawesi Tengah H Rusdy Mastura wacanakan pemekaran Kabupaten Poso saat menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST), Pendeta (Pdt) Jadaramo Tasiabe.

Pdt. Jadaramo Tasiabe bersama jajaran pengurus Sinode GKST serta Anggota DPRD Sulteng Yus Mangun diterima di ruang kerja Gubernur Sulteng, Selasa 19 Juli 2022.

Rusdy Mastura menyampaikan, terus menorong pembentukan daerah otonomi baru (DOB) sebagai bagian dari percepatan pembangunan Sulawesi Tengah.

Baca Juga:  Gubernur Sulteng Setuju Pembentukan Kabupaten Pulau Togean

Menurutnya, ke depan Sulawesi Tengah bisa mekar menjadi tiga provinsi. Salah satunya, provinsi 1.000 Megalit dengan ibu kotanya Poso.

Sehingga, Kabupaten Poso didorong menjadi Kota Poso dan juga pembentukan dua daerah otonom baru di Poso.

Namun, kata Rusdy Mastura, sebelum pemekaran provinsi, terlebih dahulu yang diperjuangkan adalah pembentukan kabupaten dan kota pada beberapa daerah di Sulawesi Tengah.

Baca Juga:  Gubernur Ingin Sulteng Mekar Jadi 4 Provinsi

Selain soal pembentukan daerah otonomi baru, Rusdy Mastura juga menekankan pentingnya peningkatan fiskal daerah untuk mempercepat pertumbuhan pembangunan.Sulawesi Tengah memiliki SDA yang begitu besar, tapi selama ini tidak terkelola dengan baik.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sulteng meminta dukungan seluruh pimpinan umat beragama untuk dapat terus berdoa dan bermunajat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa  agar apa yang direncanakan mendapat pertolongan dan dapat terwujud dengan baik.

Baca Juga:  Kajian Pembentukan Kabupaten Tomini Raya dan Moutong Sudah Disusun

Adapun kunjungan Ketua GKST dan rombongan dalam rangka memberikan dukungan terhadap upaya Pemerintah Provinsi membangun Sulawesi Tengah yang lebih maju dan lebih sejahtera. Red