Iklan HUT Morowali PT Vale

Desa Talaga Jadi Kawasan Strategis Nasional, Infrastruktur Segera Dibangun

Desa talaga
Sejumlah pejabat pemerintah saat sedang berada di lokasi yang bakal dijadikan kawasan strategis nasional, di Desa Talaga, Kecamatan Dampelas, Donggala. / Ist

ReferensiA.id- Desa Talaga Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah akan menjadi kawasan strategis nasional. Desa ini dikembangkan menjadi Food Estate Adaong untuk mendukung ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan.

Lahan seluas 1.500 hektare di desa ini akan disiapkan menjadi Food Estate Adaong. Lokasinya sekitar 12 kilometer dari Jalan Trans Sulawesi. Infrastrukturnya segera dibangun.

Lokasi ini telah ditinjau oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr Rudy Dewanto SE MM pada Selasa , 5 April 2022. Rudy Dewanto didampingi Kadis Bina Marga dan Tata Ruang, Ir Syaifullah Djafar MSi; Kadis Pertanian dan Holtikultura, Ir Nelson Metubun MSi; Tim Ahli Gubernur Hamdin; Camat Dampelas Aswin; dan tim teknis.

Baca Juga:  Wagub Sebut READSI Dukung Sulteng Jadi Penyangga Pangan IKN

Rudy Dewanto menyampaikan lokasi ini dipilih sesuai arahan Gubernur Sulteng dan sesuai usulan masyarakat. Dia mengharapkan kepada kepada seluruh OPD teknis agar mematangkan perencanaan untuk pembangunan infrastruktur jalan dan land clearing lokasi.

Menurutnya, Food Estate Adaong Desa Talaga akan menjadi kawasan strategis nasional dan menjadi program nasional untuk mendukung ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan.

Baca Juga:  Presiden Bakal Kunjungi Kawasan Pangan Nusantara di Donggala

Rencana akan diresmikan langsung Presiden RI Ir. Joko Widodo. Oleh karena itu, Rudy Dewanto meminta agar dibuat alternatif jalur kunjungan Presiden dan dipersiapkan Infrastruktur pendukungnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Sulawesi Tengah, Nelson Metubun menyampaikan bahwa lokasi Food Estate Adaong Desa Talaga Kecamatan Dampelas sangat potensial.

“Kalau melihat tanahnya sangat subur dan sangat cocok untuk mengembangkan tanaman cengkeh, jagung, dan kedelai,” kata Nelson Metubun saat meninjau lokasi.