Gubernur Sulawesi Tengah Ajak Masyarakat Sukseskan Muktamar Alkhairaat

Gubernur Sulawesi Tengah
Gubernur Sulteng Rusdy Mastura menerima kunjungan panitia Muktamar Besar Alkhairaat. / Ist

ReferensiA.id- Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura mengajak masyarakat untuk ikut menyukseskan Muktamar Besar Alkhairaat.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Sulteng saat menerima panitia Muktamar Alkhairaat di kantornya, Senin 11 September 2023. Pertemuan itu sebagai ajang silaturahmi sekaligus koordinasi terkait rencana kesiapan Muktmar Besar Alkhairaat ke XI.

Kata Rusdy Mastura, Alkhairaat adalah lembaga perguruan Islam yang dibawa oleh Habib Idrus bin Salim Aljufri atau Guru Tua di Sulawesi Tengah, untuk mengajarkan pendidikan agama di bumi Tadulako ini. Olehnya masyarakat Sulawesi Tengah khususnya masyarakat asli Kaili harus menjaga dan memperhatikan Alkhairaat, yang merupakan salah satu lembaga pendidikan agama terbesar di Indonesia timur.

“Alkhairaat ini milik kita bersama, karena Guru Tua memiliki jasa besar terhadap daerah ini dalam menyebar pendidikan agama. Olehnya kita masyarakat Kaili memiliki tanggung jawab dan memperhatikan Alkhairaat, tidak ada yang merasa memiliki secara person terhadap Alkhairaat,” kata Gubernur Sulteng di hadapan panitia Muktamar Alkhairaat.

Dia juga menekankan, Muktamar Alkhairaat harus tetap terlaksana sebab merupakan amanah yang harus dilakukan, dan masyarakat Kaili harus menyukseskannya karena bagian dari Alkhairaat.

Rusdy Mastura yang juga tokoh Suku Kaili ini berharap, pelaksanaan Muktamar Alkhairaat dapat berjalan dengan baik dan lancar, dan berharap menghasilkan sebuah keputusan yang dapat membesarkan Alkhairaat yang lebih baik.

Pertemuan tersebut dihadiri ketua panitia Muktamar Alkhairaat Mohammad Nizam, Hamdan Rampadio, Husen Habibu, Muhammad Yasin, Ashar Hasyim dan juga dihadiri panitia Kongres IKAAL, Panitia Muktamar WIA dan Munas Panitia BANAAT.

Terpisah, H Husen Habibu yang juga tokoh masyarakat Suku Kaili mengatakan, lembaga Alkhairaat yang dibangun oleh Habib Idrus bin Salim Aljufri diperuntukan bagi masyarakat Sulawesi Tengah dan seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyakat Suku Kaili yang merupakan suku asli dan terbesar di Sulawesi Tengah.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *