Iklan HUT korpri

Gubernur Sulteng Siapkan Langkah Pengendalian Inflasi

Pengendalian inflasi
Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura bersama sejumlah pejabat mengikuti rapat koordinasi pengendalian inflasi. / Ist

ReferensiA.id- Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura mengungkapkan langkah yang akan ditempuh terkait pengendalian inflasi di provinsi ini sebagaimana arahan Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan dan Mendagri Tito Karnavian.

Hal itu dikatakan Rusdy Mastura seusai mengikuti rapat koordinasi (rakor) pengendalian inflasi yang dipimpin Menko Marves dan Mendagri secara virtual Zoom, Selasa 30 Agustus 2022. Rakor diikuti sejumlah pejabat di Sulteng.

Baca Juga:  TPID Sulteng Susun Peta Jalan Pengendalian Inflasi

“Sesuai arahan Mendagri agar alokasi dana ADD dapat dialokasikan untuk pemberian bantuan sosial (bansos) dan bantuan tunai kepada masyarakat, bantuan penyediaan bibit tanaman jangka pendek seperti cabai dan bawang merah,” ujar Rusdy Mastura dalam siaran pers.

Selain soal bantuan, Gubernur Sulteng menyampaikan akan melaksanakan rapat koordinasi tingkat provinsi bersama unsur forkopimda provinsi, bupati, walikota, unsur forkopimda kabupaten/ kota.

Baca Juga:  Inflasi Kota Palu dan Luwuk Tidak Melambung Tinggi Meski Harga BBM Naik

Rakor tingkat provinsi ini nantinya akan menghadirkan kepala desa, lurah untuk koordinasi pengendalian inflasi daerah.

Gubernur juga mendorong bupati/ walikota bersama pemerintah provinsi memastikan distribusi kebutuhan pokok lancar sampai kepada masyarakat atau pelaksanaan operasi pasar untuk komoditi tertentu.

“Semua fungsi-fungsi pemerintah harus kompak dan harus bersama-sama untuk pengendalian inflasi daerah seperti harapan Menko Merves Luhut Panjaitan,” jelasnya.

Baca Juga:  BI Sulteng Ingatkan Warga Bijak Berbelanja Saat Ramadan

Gubernur juga meminta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan agar dapat mengintervensi pasar untuk kebutuhan pokok masyarakat yang dianggap kurang distribusinya. RED