News  

KPU Palu Bakal Luncurkan Maskot Pilkada 2024 pada Akhir Mei, Tonjolkan Budaya Kaili

KPU Palu
Kph Kota Palu gelar FGD Finalisasi Maskot dan Jingle Pilkada Kota Palu 2024. / ReferensiA.id

ReferensiA.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu sedang mempersiapkan maskot dan jingle untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 Kota Palu.

Rencananya, KPU Palu bakal meluncurkan maskot dan jingle Pilkada 2024 serentak dengan pelantikan badan adhoc di semua tingkatan di Kota Palu pada akhir Mei mendatang.

Saat ini, maskot Pilkada Kota Palu telah dikerjakan oleh seorang profesional bernama Muhammad, yang juga merancang maskot Pilkada sebelumnya.

Maskot tersebut sebenarnya telah jadi dibuat, namun masih dalam tahap penyempurnaan. KPU Kota Palu maupun pembuat sedang mengumpulkan masukan berbagai kalangan untuk penyempurnaannya.

“Rencananya maskot akan dilaunching (diluncurkan) pada bulan depan. Sebelumnya kita akan lakukan uji publik. Minta masukan ke berbagai pihak, termasuk tokoh adat,” ungkap Ketua KPU Kota Palu Idrus dalam Focus Group Discussion (FGD) Finalisasi Maskot dan Jingle Pilkada Kota Palu Tahun 2024 di Hotel Santika Palu, Sabtu 20 April 2024.

Dalam FGD itu ditampilkan maskot yang telah didesain oleh Muhammad. Tampak gambar dua sosok pemuda-pemudi yang diberi nama Yojo dan Dei bakal menjadi maskot. Keduanya digambarkan menggunakan pakaian adat Kaili dengan warna khas.

Namun begitu, desain maskot tersebut belum final, masih mendapatkan berbagai masukan dari tokoh adat maupun pengamat, sehingga akan dilakukan beberapa perubahan sebelum diperkenalkan secara resmi ke masyarakat Kota Palu.

Begitu pun dengan jingle yang telah dikerjakan oleh Jafar Sidik Makulau, ada beberapa frasa dalam lirik yang mendapatkan masukan dan dianggap perlu perbaikan sebelum kemudian diperkenalkan ke publik.

Baik maskot maupun jingle yang sedang disiapkan, semuanya memuat budaya dan kearifan lokal.

Pembuat maskot dan pencipta jingle Pilkada Kota Palu 2024 merupakan dua orang profesional yang ditunjuk langsung oleh pihak KPU Palu.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *