Iklan HUT korpri

OJK dan BEI Resmikan Galeri Investasi Universitas Muhammadiyah Luwuk

Galeri Investasi Universitas Muhammadiyah Luwuk
Peresmian Galeri Investasi Syariah di Universitas Muhammadiyah Luwuk. / Ist

ReferensiA.id- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tengah bersama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Sulawesi Tengah laksanakan Seminar Pasar Modal dan resmikan Galeri Investasi Syariah Universitas Muhammadiyah Luwuk, Rabu 7 Sepember 2022.

Galeri Investasi merupakan sarana untuk memperkenalkan Pasar Modal kepada masyarakat khususnya akademisi. Tidak hanya memperkenalkan pasar modal dari sisi teori, akan tetapi praktiknya juga.

Baca Juga:  OJK Sulteng Tingkatkan Literasi Keuangan IRT dan Pelaku UMKM di Donggala

Rektor Universitas Muhammadiyah Luwuk Sutrisno K Djawa menyatakan sangat mendukung pembukaan Galeri Investasi Universitas Muhammadiyah Luwuk.

“Pendirian Galeri Investasi tidak hanya tentang menciptakan investor tapi juga memberikan wadah bagi mahasiswa dan masyarakat untuk dapat memahami pasar modal,” ujarnya.

Wakil Kepala OJK Provinsi Sulawesi Tengah, Andri Arsasi menyampaikan perkembangan pasar modal di Sulawesi Tengah.

Baca Juga:  Ada 110 Kasus Pinjol Ilegal di Sulteng Hanya Satu yang Dilaporkan

Berdasarkan data yang telah dirilis OJK pada Semester I Tahun 2022, pertumbuhan Single Investor Identification (SID) di wilayah Sulawesi Tengah tercatat sebanyak 58.953 atau meningkat sebesar 89,05% year-on-year.

“Hal tersebut berbanding lurus dengan peningkatan kepemilikan saham dimana pada Semester I 2022 tercatat sebesar Rp588,1 miliar atau meningkat sebesar 92,9% secara year-on-year. Dari sisi nilai transaksi, terjadi juga peningkatan sebesar 77% year-on-year,” kata Andri Arsasi.

Baca Juga:  54 Perusahaan Ramaikan Public Expose LIVE 2022

Sumbangsih terbesar masih didominasi oleh Kota Palu. Dia mengharapkan, dengan peresmian Galeri Investasi di Universitas Muhammadiyah Luwuk, peningkatan literasi dan inklusi keuangan di Sektor Pasar Modal dapat merata di seluruh wilayah Sulawesi Tengah.