Poso Berpeluang Suplai Logistik ke Daerah Tambang Morowali dan Morut

Poso Berpeluang Suplai Logistik
Gubernur Sulteng Rusdy Mastura. / Humas Pemprov

ReferensiA.id – Gubernur Sulawesi Tengah, H Rusdy Mastura mengatakan Kabupaten Poso berpeluang suplai logistik berupa produk pertanian dan peternakan ke Morowali dan Morowali Utara.

Dua kabupaten bertetangga tersebut adalah daerah tambang dengan jumlah tenaga kerja yang bisa mencapai ratusan ribu orang.

Hal itu dikemukakan Gubernur Sulteng saat rapat bersama Wakil Bupati Poso Yasin Mangun dan beberapa calon investor di Kabuaten Poso di ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng Senin 17 Januari 2022. Rapat membahas pengembangan potensi sub sektor pertainan dan peternakan.

Baca Juga:  Pemda Morowali Daftarkan 20.700 Petani ke Bpjamsostek

Gubernur mengatakan, Kabupaten Poso memiliki potensi lahan yang dapat dimanfaatkan untuk sektor pertanian dan peternakan. Walaupun Poso tidak punya tambang yang hebat, namun memiliki potensi lahan yang luar biasa.

Hal ini, kata dia tentunya bisa dikembangkan. Apalagi Poso berbatasan dengan wilayah Morut dan Morowali dimana terdapat perusahaan-perusahaan pertambangan besar.

Perusahaan di dua wilayah tersebut pasti membutuhkan banyak tenaga kerja yang jumlahnya bisa mencapai ratusan ribu orang.

Baca Juga:  PT Vale Tanam Perdana SRI Organik di Ululere Bungku Timur

“Bisa dibayangkan berapa kebutuhan logistik makanan perusahaan yang ada di Morowali Utara ataupun Morowali untuk tenaga kerja, kata Gubernur.

Poso disebut bisa menjadi salah satu daerah penyuplai logistik untuk wilayah Morut dan Morowali. Sehingga usaha pertanian, peternakan, dan perikanan di Poso dapat berkembang dengan baik.

Pada rapat kali ini, Gubernur didampingi Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr Rudi Dewanto, Tenaga Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Investasi Ronny Tanusaputra. red