Iklan HUT korpri

Profil Amirudin Rauf: Dari Direktur Rumah Sakit Hingga Kursi Bupati

Amirudin rauf
Amirudin Rauf

ReferensiA.id- Amirudin Rauf sesungguhnya dokter obgyn atau dokter kandungan. Dia meraih gelar Spesialis Obstetri & Ginekologi (SpOG) dari Universitas Hasanuddin pada tahun 1998.

Tapi, kemudian terjun ke jabatan politik sebagai Bupati Buol setelah sebelumnya tiga tahun menduduki kursi Direktur Rumah Sakit Umum Undata Sulawesi Tengah.

Pria kelahiran Donggala, 1 Desember 1958 ini memimpin Buol dua periode yakni periode 2012-2017 dan 2017-2022.

Baca Juga:  Eva Bande, Perempuan Sulteng Penerima Anugerah Tokoh Pejuang Agraria

Nama lengkapnya dr. H. Amirudin Rauf, Sp.OG,M.Si. Menyelesaikan S1 Fakultas Kedokteran di Universitas Hasanuddin pada 1985. Pada tahun yang sama, dia diangkat menjadi Kepala Puskesmas Bunobogu sampai tahun 1987.

Lalu pindah menjadi kepala Puskesmas Biau sampai tahun 1990. Kariernya di birokrasi pemerintahan terus menanjak. Selepas di Biau, dia diangkat menjadi Direktur Rumah Sakit Umum Buol. Dia menduduki jabatan itu sampai 1993.

Baca Juga:  Ini Lagu Ciptaan Sandiah Ibu Kasur, Sosok yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Selanjutnya, karier PNS-nya menanjak lagi setelah diangkat menjadi Direktur Rumah Sakit Undata Palu pada 2009. Tapi, pada tahun 2012, dia maju di Pilkada Buol. Dia meninggalkan jabatan penting di rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah itu.

Pada Pilkada 2012, Amirudin Rauf maju bersama pasangannya Samsuddin Koloi diusung oleh Partai Hanura, PKS, dan Gerindra dan meraih 36.436 suara atau 48,77 persen.

Baca Juga:  Bupati Buol Laporkan Marak Illegal Logging, Mining dan Fishing

Setelah lima tahun menjalankan roda pemerintahan di Buol, Amirudin Rauf kembali maju pada Pilkada 2017. Kali ini, diusung Hanura dan PDI Perjuangan. Sekali lagi, sang dokter masih diinginkan oleh rakyat Buol.