PT Vale Latih Warga Kembangkan UKBM Herbal

PT Vale Latih Warga
Masyarakat tengah mengikuti pelatihan program UKBM herbal yang digelar PT Vale. / ist

ReferensiA.id – PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) telah merangkul ratusan warga dalam program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) khususnya di bidang Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) berbasis herbal.

Hingga akhir Juni 2021, masyarakat yang mengikuti program UKBM Herbal binaan PT Vale sudah mencapai 323 orang, terdiri atas 299 perempuan dan 24 laki-laki.

Melalui UKBM Herbal, PT Vale latih warga sekaligus memperkenalkan budi daya dan pemanfaatan taman obat keluarga (TOGA), dengan dibantu pendampingan dari Yayasan Aliksa serta dukungan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan melalui Dinas Kesehatan.

Berbagai pelatihan turut disediakan untuk masyarakat yang berminat menjadi penggiat herbal, di antaranya pelatihan yang dilaksanakan mulai dari pelatihan ekologi tanah, herbal dasar, pengenalan penyakit dan penanganannya dengan herbal.

Kemudian pengolahan hasil tanaman berkhasiat obat (TOBAT), kewirausahaan jamu, herbal lanjutan, penyehat tradisional ramuan dan keterampilan (pijat refleksi dan tradisional), dan griya sehat, hypnoterapi.

Sementara anggota yang sudah terdaftar dalam Himpunan Penggiat Herbal Organik (HIPHO) berjumlah 33 orang. Mereka tersebar di empat kecamatan di Kabupaten Luwu Timur, yakni Nuha, Towuti, Wasuponda, dan Malili.

Salah seorang penerima manfaat, Sitti Hayani (37) menuturkan, wawasannya mengenai ramuan obat tradisional bertambah semenjak mengikuti berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh PT Vale melalui UKBM Herbal.

“Manfaatnya tentu sangat besar jika bisa membuat jamu sendiri. Karena itu, saya begitu bersemangat saat diutus oleh Puskesmas Lampia untuk mengikuti pelatihan UKBM Herbal tahun 2016,” ujar Hayani yang berprofesi sebagai perawat.

Ketertarikannya terhadap herbal sudah ada semenjak remaja karena rutinitas mengonsumsi jamu godok.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *