Iklan HUT korpri
News  

Rayakan Hari Pahlawan, Sekolah Sukma Bangsa Peringati Haul Panglima Itam

Sekola Sukma Bangsa
Siswa-siswi Sekolah Sukma Bangsa Sigi ikut merayakan Hari Pahlawan dengan memperingati Haul Panglima Itam. / Ist

ReferensiA.id- Siswa-siswi Sekolah Sukma Bangsa (SSB) rayakan Hari Pahlawan dengan peringati Haul Panglima Itam, Kamis 10 November 2022. Berbagai kegiatan digelar secara hibrid dengan dihadiri oleh SSB Sigi (Sulawesi Tengah), bergabung dengan tiga SSB lainnya di Aceh. Yakni SSB Pidie, SSB Bireuen, dan SSB Lhokseumawe.

Perayaan Hari Pahlawan itu jadi momentum bagi siswa-siswi Sekolah Sukma Bangsa (SSB) Sigi untuk memaknai semangat juang para pahlawan bangsa. Mereka antusias mengikuti berbagai perlombaan yang digelar pihak sekolah.

Baca Juga:  Pahlawan Nasional Tombolotutu Berdarah Kaili, Bugis dan Mandar

Bertepatan dengan hari itu, keluarga besar SSB Sigi, memperingati haul Panglima Itam, yang merupakan garis keturunan langsung Surya Paloh, ketua pembina Yayasan Sukma, yayasan yang menaungi Sekolah Sukma Bangsa.

Selain seluruh siswa-siswi, guru, tenaga pengajar, dan tenaga sekolah, juga hadir beberapa orang tua serta keluarga dari siswa-siswi SSB Sigi, untuk ikut berpartisipasi melalui kegiatan yang dikemas dalam bentuk doa bersama.

Baca Juga:  Gabungan 11 Komunitas Peringati Hari Pahlawan dengan Donor Darah Massal di Tolitoli

“Mudah-mudahan doa yang kita lantunkan diijabah dan kita semua mendapat ridha dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” ujar Ahmad Baidhowi AR, Direktur Eksekutif Yayasan Sukma, saat memberi sambutan dari SSB Pidie, sebagai pusat pelaksanaan kegiatan.

Panglima Itam yang bernama lengkap Tengku Effendi Muhammad Risyad adalah tokoh penting yang memiliki kiprah dalam sejarah perjalanan Aceh. Beliau adalah buyut dari Surya Paloh, atau kakek dari Ibu Nursiah Daud Paloh.

Baca Juga:  Pahlawan Nasional Tombolotutu Berdarah Kaili, Bugis dan Mandar

Panglima Itam bahkan pernah menjadi orang terkaya di Aceh pada zamannya. Usahanya meliputi perdagangan hasil produksi lada, tembakau, kapur barus (tepung dan minyak), minyak asiri, kayu cendana, kayu gaharu, hingga hasil galian tambang.