Iklan HUT Morowali PT Vale
News  

Rincian 38 Desa Terdampak Banjir dan Longsor di Purworejo

Banjir dan Longsor di Purworejo
Kondisi pengungsian warga terdampak banjir di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Rabu 16 Maret 2022. / BPBD Kabupaten Purworejo

ReferensiA.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo mencatat sebanyak 38 desa terdampak bencana banjir dan longsor di Purworejo pada Rabu, 16 Maret 2022. Rinciannya, 32 desa di 7 kecamatan terdampak banjir, sedangkan wilayah yang terdampak longsor ada 6 desa di 4 kecamatan.

Banjir dan longsor melanda wilayah Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah setelah hujan dengan intesitas lebat. Lima sungai besar dikabarkan meluap yakni Sungai Bogowonto, Sungai Blangu, Sungai Jali, Sungai Dulang dan Sungai Kebang.

Baca Juga:  3 Kelurahan di Tolitoli Terendam Banjir Luapan Sungai Tuweley Usai Diguyur Hujan

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari merincikan 32 desa yang terdampak banjir meliputi Desa Wingkosangrahan, Desa Wingkomulyo, Desa Kaliwungukidul, Desa Tunjungan, Desa Wonoroto, Desa Ringgit dan Desa Wingkosigromulyo di Kecamatan Ngombol.

Berikutnya Desa Dlangu, Desa Wironatan, Desa Klepu, Desa Kedungmulyo, Desa Rowodadi dan Desa Langenrejo di Kecamatan Butuh. Selanjutnya Desa Tangkisan, Desa Pogungkalangan, Desa Pogulurutengah, Desa Kradegan, Desa Bayan dan Desa Pogungrejo di Kecamatan Bayan.

Baca Juga:  Ini Peta Siaga dan Waspada Dampak Hujan Lebat di Sulteng 6-7 September 2022

Kemudian Desa Bapangsari di Kecamatan Bagelan, Desa Katerban di Kecamatan Kutoarjo, Desa Trimulyo, Desa Bendungan dan Desa Rowodadi di Kecamatan Grabag.

Berikutnya Desa Wonoyoso, Desa Tasikmadu, Desa Kendalrejo, Desa Sikambang, Desa Kalimati, Desa Tanjungrejo, Desa Petuguran dan Desa Sumber di Kecamatan Pituruh.

Selanjutnya untuk wilayah terdampak longsor meliputi Desa Kaliurip di Kecamatan Kemiri, Desa Kalisemo di Kecamatan Leano, Desa Plipiran, Desa Giyombong, Desa Watuduwur di Kecamatan Bruno dan Desa Redin di Kecamatan Gebang.