Iklan HUT Morowali PT Vale

Save the Children Turunkan Tim Respons Tanggap Darurat Bencana ke Pasaman Barat

Tim Respons Tanggap Darurat Bencana ke Pasaman
Guncangan kuat gempa dirasakan masyarakat di sejumlah wilayah Sumatra Barat pada Jumat, 25 Februari 2022 pagi. / BPBD Sumatra Barat

ReferensiA.id – Save the Children Indonesia bersama dengan lembaga mitra yaitu Jemari Sakato akan menurunkan tim respons tanggap darurat bencana ke Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Wilayah itu diguncang gempa bumi magnitudo 6,1 pada Jumat, 25 Februari 2022 pagi, pukul 08:39 WIB. Rencana tim Save the Children berangkat lapangan esok, Sabtu 26 Februari 2022 pagi.

Baca Juga:  BNPB: 230 Rumah di Selayar Sulsel Rusak Akibat Gempa

“Dari informasi yang kami dapatkan, terdapat kendala seperti jalur komunikasi seluler dan jaringan listrik yang terputus,” kata Dewi Sri Sumanah, Acting Chief of Advocacy, Communication, Campaign & Media Save the Children Indonesia.

Menurutnya, dalam situasi darurat, anak-anak menjadi sangat rentan mengalami ketakutan yang berlebihan akibat gempa terlebih jika mereka sulit mengakses bantuan layanan dasar seperti hunian sementara, makanan dan layanan Kesehatan.

Baca Juga:  Anak-anak di Sulteng Kampanyekan Aksi Dampak Krisis Iklim Lewat Pentas Seni

“Dalam situasi pandemi COVID-19 yang sedang memasuki gelombang ketiga dengan angka konfirmasi positif yang terus bertambah di sejumlah daerah, tingkat kerentanan anak menjadi meningkat berkali lipat,” tegas Dewi Sri Sumanah.

Dia mengatakan, laporan cepat dari mitra Save the Children di lapangan, terpantau beberapa kebutuhan mendesak untuk para pengungsi di antaranya adalah tenda, dapur umum, MCK umum, makanan, selimut, matras, serta perlengkapan kebersihan. Informasi ini akan terus diperbaharui seiring dengan laporan dari lokasi bencana.

Baca Juga:  Lagi, Poso Diguncang Gempa Bumi Dangkal Magnitudo 4,1

Save the Children mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan terus memperbaharui informasi melalui jalur resmi yang telah disediakan oleh Pemerintah.